200 Truk Listrik e-Canter Sudah Mengaspal di Dunia, Indonesia?

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 23 Feb 2021, 11:35:05 WIB | dibaca : 44 pembacaOtomotif

200 Truk Listrik e-Canter Sudah Mengaspal di Dunia, Indonesia?

Truk listrik e-canter Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Jakarta - Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) -- bagian dari Daimler Trucks, mengumumkan bahwa sudah 200 unit total truk listrik Fuso eCanter berkeliaran di dunia.

Rinciannya, lebih dari 60 Fuso eCanter saat ini berada di Jepang (wilayah Kanto, Kansai, Hokuriku, Sanin, dan Tokai), dan sebanyak 140 berada di Eropa dan AS dengan total jarak tempuh melebihi 3 juta kilometer.

ECanter banyak digunakan sebagai truk logistik perkotaan jarak dekat. Karakternya sering ditemui stop and go, seperti pengiriman ke rumah, pengiriman paket perkotaan, dan penyimpanan toko serba ada.

Sebab belum dirancang untuk jarak tempuh antar kota dan provinsi, e-Canter saat ini mampu menempuh jarak 100 km dalam kondisi baterai penuh tanpa menghasilkan emisi gas buang. Sementara Untuk daya angkut bisa menampung hingga 4 ton.

Bicara performanya, di atas kertas E-Canter mampu memuntahkan tenaga sebesar tenaga sebesar 184 PS dan torsi maksimal 390 Nm.

Secara spesifikasi truk ini dibekali enam baterai ion-lithium berkapasitas 13,8 kWh yang memiliki voltase tinggi untuk penyaluran tenaga ke motor listrik. Dengan pengisian daya cepat, hanya memakan waktu 1,5 jam mengisi ulang baterai (DC).

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso sudah pernah membawa truk listrik, E-Canter ke Indonesia, tepatnya dalam ajang GIICOMVEC, pada Maret 2020 lalu. Namun hanya sebatas pengenalan, dan belum dipasarkan di Indonesia baik untuk penjualan atau sistem penyewaan.

"Di sana sistemnya sewa, untuk Indonesia sendiri belum ada rencana dalam waktu dekat," ujar Marketing Director Sales &i Marketing Division KTB, Duljatmono kala itu.

 

Sumber ; detik.com