3 Cara Membuat Kue Tart yang Lembut, Selezat Beli di Toko

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 08 Nov 2018, 09:52:33 WIB | dibaca : 37 pembacaKuliner

3 Cara Membuat Kue Tart yang Lembut, Selezat Beli di Toko

Ilustrasi Cara Membuat Kue Tart (Sumber: Unshplash)

Jakarta Kue tart merupakan salah satu hal yang identik dengan perayaan ulang tahun. Di masa kini kue tart dijadikan simbol perayaan, bahkan tak hanya ulang tahun saja melainkan perayaan-perayaan lain. Kue tart dianggap bisa mewakili rasa suka cita dan kebahagiaan. 

Tradisi kue tart ini ternyata sudah ada sejak abad ke-13. Kue tart umumnya berbentuk bulat pada zaman dahulu, hingga di masa modern ini mengalami perubahan. Kue ulang tahun memang sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Akan tetapi, keberadaannya saat itu belum begitu populer. Jerman adalah salah satu pelopor boomingnya penyajian kue ulang tahun ketika pesta.

Seiring dengan perkembangan zaman, kue tart mudah didapatkan di mana-mana. Sudah banyak toko kue yang menyediakan berbagai macam kue tart dengan berbagai bentuk dan varian topping yang unik dan menarik atau bahkan bisa diorder sesuai keinginan. Bahkan kini semua orang pun bisa membuat sendiri kue tart. Pasalnya, kini cara membuat kue tart bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (7/11/2018), beberapa cara membuat kue tart.

1. Cara membuat kue tart kukus

Kue tart kukus tergolong mudah, murah, dan sederhana karena cara membuat kue tart ini tidak harus memiliki oven untuk membuatnya. Hasil kue tart yang dibuat dengan cara dikukus ini tidak jauh berbeda dengan yang dioven. Teksturnya pun sangat lembut.

Bahan-bahan:

- 125 gram tepung terigu

- 125 gram gula pasir

- 100 gram margarin

- 125 gram dark chocolate

- 4 butir telur ayam

- 1 sdt vanila bubuk

- 1/2 sdm baking powder

- 2 sdm tepung maizena

- 1 sdm cake emulsifier

- 1 sdm cokelat bubuk 

Bahan untuk topping:

- Selai

- Cherrywhipped cream secukupnya

Cara membuat Kue Tart Kukus:

- Siapkan wadah bersih yang berukuran sedang. Masukkan bahan-bahan seperti telur ayam, gula pasir, cake emulsifier dan vanilla bubuk. Mixer semua bahan sampai kaku dan mengembang, gunakan kecepatan tinggi agar hasil adonan menjadi maksimal.

- Tambahkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, tepung maizena ke dalam adonan telur dan gula. Jangan lupa untuk melakukan ayak pada semua bahan kering agar hasil kue lebih halus dan lembut. Aduk secara perlahan agar semua bahan menyatu sempurna, sisihkan sejenak.

- Di panci bersih tim atau cairkan dark coklat hingga meleleh. Tambahkan margarin dan aduk rata bersama coklat, masak sampai coklat serta margarin menyatu sempurna, matikan api dan biarkan sampai hangat kuku.

- Jika sudah hangat, masukan lelehan coklat dan margarin tadi pada adonan tepung dan telur. Aduk-aduk perlahan dan aduk rata kembali, sisihkan sejenak.Siapkan loyang dan olesi bagian dalamnya dengan mentega. Jangan lupa juga untuk memanaskan kukusan dengan api sedang sampai airnya benar-benar mendidih.

- Tuangkan adonan ke dalam loyang kemudian kukus sampai matang kira-kira 20 sampai 25 menit. Angkat dan kue tart kukus siap untuk dihias sesuai selera.

2. Cara membuat kue tart sederhana

Sesuai dengan namanya, cara membuat kue tart ini tak ribet. Bahkan cara membuat kue tart ini bisa dilakukan oleh seorang pemula. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

- 100 gram tepung terigu segitiga biru

- 25 gram coklat bubuk

- 1 sdt baking powder

- 1 sdt vanili5 butir telur

- 125 gram gula pasir

- 1 sdt emulsifier (sp/ovalet/tbm)

- 250 gram mentega putih

Bahan buttercream:

- 100 gram mentega, cairkan

- 75 ml SKM (Susu Kental Manis) warna putih

- Pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat kue tart sederhana:

- Ayak semua tepung, yaitu tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan vanili. Sisihkan.Kocok telur, gula, dan emulsifier sampai mengembang di wadah lainnya.

- Kemudian masukkan campuran tepung ayakan tadi disusul dengan mentega cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata dengan spatula. Selanjutnya masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega.

- Panggang selama kurang lebih 35 menit atau sampai matang. Cek tingkat kematangan bolu menggunakan tusuk lidi. Jika tidak ada adonan lengket yang menempel pada lidi, berarti sudah matang. Keluarkan dari loyang untuk didinginkan.

- Sambil menunggu kuenya dingin, buat buttercream. Kocok mentega putih dengan mixer sampai lembut lalu tambahkan SKM. Kocok lagi sampai lembut dan mengembang. Beri pewarna makanan sesuai selera kemudian masukkan ke plastik segitiga. Gunting ujung plastik dan buttercream siap digunakan untuk menghias.

- Setelah kue sudah benar-benar dingin, hias kue sesuai selera.

3. Cara membuat kue tart cokelat

Cokelat sudah sejak lama menjadi favorit banyak orang. Aneka olahan cokelat selalu digemari, termasuk jika diolah menjadi kue tart.

Bahan-bahan yang diperlukan:

- 125 gr tepung terigu

- 125 gr gula pasir

- 100 gr margarine

- 125 gr dark cokelat

- 4 butir telur

- 2 bungkus vannila bubuk

- 1/2 sdm baking powder

- 2 sdm tepung maizena

- 2 sdm TBM

- 1 sdm cokelat bubuk

Untuk bahan Topping:

- Selai

- Buah Cherry

- Whipped Cream

Cara Membuat Kue Tart Cokelat:

- Siapkan wadah sedang dan bisa anda masukan untuk gula pasir, telur, TBM dan juga bubuk vanila lalu aduk memakai Mixer dengan memakai kecepatan sedang dan biarkan aduk sampai menjadi putih warnanya.

- Ayak tepung, lalu masukkan ke adonan bersama vanila, baking powder, cokelat bubuk, maizena. Aduk kembali sampai menyatu.

- Cairkan cokelat dan juga margarine denga air panas dan biarkan dinginJika cokelat sudah dingin, masukkan ke dalam adonan tadi dan aduk kembali sampai semuanya benar-benar menyatu

- Siapkan loyang dan olesi permukaannya memakai margarine, lalu masukan adonan pada loyang dan masukan pada oven sekitar 20 menit.

- Lalu angkat kue dan segera hiasi dengan menggnakan cream dan topping sesuai selera anda.

 

Sumber : liputan6.com