4 Kebiasaan Harian yang Bisa Munculkan Jerawat

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 13 Des 2019, 09:06:58 WIB | dibaca : 63 pembacaKesehatan

4 Kebiasaan Harian yang Bisa Munculkan Jerawat

Jerawat sering kali disebabkan oleh kesalahan perawatan kulit yang sederhana. Banyak kebiasaan harian yang kerap memicu timbulnya jerawat. Foto/Istimewa.

JAKARTA - Jerawat adalah salah satu masalah perawatan kulit yang paling dikhawatirkan, tetapi harus dihadapi hampir semua orang.

Dermatologis mengatakan bahwa masalah, seperti jerawat seringkali disebabkan oleh kesalahan perawatan kulit yang sederhana. Banyak kebiasaan harian juga bisa memicu timbulnya jerawat.

Para ahli kulit mengatakan, ada empat kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan jerawat, dari menggunakan produk yang salah hingga terlalu sering menyentuh wajah. Seperti dilansir Times of India berikut ulasannya;

1. Tidak menggunakan produk yang sesuai usia

Banyak yang menggunakan produk yang sama sepanjang hidup mereka. Dokter mengatakan bahwa sangat penting untuk menggunakan barang perawatan kulit yang sesuai dengan usia. Selain itu, perlu untuk menghindari menggunakan produk acak yang dibeli secara bebas. Orang hanya harus menggunakan yang direkomendasikan oleh spesialis kulit dan dokter.

2. Menggunakan sabun

Dermatologis Dr Nivedita Dadu mengatakan sabun memiliki bahan kimia yang keras dan sama sekali tidak dimaksudkan untuk pembersih wajah. Tingkat pH kulit adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap masalah kulit.

Sabun komersial biasa memiliki tingkat pH antara 9 dan 11, yang meningkatkan tingkat pH kulit, yang menyebabkan masalah. Dokter memperingatkan bahwa menggunakan sabun pada wajah bisa membuat kulit kering dan mudah tersinggung dan akhirnya menyebabkan jerawat.

3. Ponsel

Ahli Kosmetologi Dr Karuna Malhotra mengatakan ponsel cerdas Anda juga dapat menyebabkan jerawat. Banyak bakteri berkumpul di layar ponsel dan bagian belakang yang ketika bersentuhan dengan kulit wajah dapat menyebabkan noda dan jerawat.

4. Sering menyentuh wajah

Kita sering menyentuh wajah dengan jari yang tidak bersih. Nivedita berkata hal ini memperkenalkan lebih banyak minyak, kotoran, dan kuman ke dalam kulit. “Produk perawatan rambut juga bisa mendapatkan garis rambut atau wajah kami dan dapat memblokir pori-pori,” terang dia.

 

Sumber : sindonews.com