4 Tips Membuat Tongseng Legendaris ala Warung "Pak Budi"

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 13 Feb 2018, 15:05:41 WIB | dibaca : 36 pembacaKuliner

4 Tips Membuat Tongseng Legendaris ala Warung "Pak Budi"

Berlokasi di Pondok Bambu, Jakarta, Warung Tongseng dan Soto Sederhana Pak Budi kerap jadi incaran para penikmat tongseng. Apa rahasia di baliknya? (Ilustrasi/Tongseng/Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)

Jakarta - Sulitnya mendapatkan rasa yang tajam serta bau amis yang kerap muncul dari daging kambing dalam tongseng membuat banyak orang enggan membuat sajian berkuah ini.

Padahal, rasa dan bau amis itu bisa disiasati dengan cara yang mudah. Pemilik Warung Tongseng dan Soto Sederhana Pak Budi yang legendaris, Senen Riyanto membagikan tips membuat tongseng yang enak tanpa bau amis.

Warung Tongseng dan Soto Sederhana Pak Budi sudah berdiri sejak 1985 di Pondok Bambu, Jakarta. Dari yang awalnya hanya mengolah 1,5 kilogram daging, kini warung tongseng dan sate itu berkembang pesat dengan dua cabang. Berikut tips membuat tongseng dari warung Pak Budi, seperti disampaikan Senen.

1. Racik bumbu sendiri

Senen menyebut kunci kelezatan tongseng ada pada bumbu yang diracik sendiri.

"Bumbunya racik sendiri, jangan beli di pasar," kata Senen yang ditemui dalam konferensi pers Warisan Kuliner Nusantara Bango, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Senen, bumbu yang diracik sendiri bakal lebih pas takaran dan rasa yang diinginkan ketimbang membeli adonan yang sudah tersedia di pasar.

2. Jahe dan Bawang Putih

Kekuatan rasa tongseng, menurut Senen, muncul lewat jahe dan bawang putih. Senen menyarankan agar berani memberikan banyak jahe dan bawang putih.

"Yang penting kunci masak itu bawang putih. Kalau enggak berani, ya enggak enak," ujar Senen. Sementara jahe berfungsi untuk menghilang bau amis pada daging kambing.

"Tak kasih tau, kalau enggak mau bau amis itu jahenya berani," ucap Senen.

Selain jahe dan bawang putih, Senen juga mengungkap ramuan tongseng terdiri dari lada, bawang merah, bawang putih, ketumbar, daun jeruk, kemiri, kunyit, daun salam, sereh, dan kencur.

3. Menggunakan Bara Api

Memasak tongseng bakal lebih nikmat menggunakan bara api dari kayu bakar atau batok kelapa. Pembakaran dari bara api bakal membuat gulai tongseng matang dengan merata.

"Tongseng yang asli itu dari bara batok," ucap Senen.

4. Wajan dari Baja

Selain bara api, kematangan kuah gulai tongseng akan semakin sempurna. Senen menilai jika wajan diganti dengan bahan alumunium, kuah tongseng tak bisa mendidih.

"Kuncinya itu baja. Kalau alumunium itu di kasih kuah enggK mendidih, tapi kalau yang baja yang asli ini, itu masih panas terus," tutur Senen.

 

Sumber : cnnindonesia.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)