5 Cara Cegah Jerawat Saat Udara Panas

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 11 Jul 2018, 10:26:32 WIB | dibaca : 58 pembacaKesehatan

5 Cara Cegah Jerawat Saat Udara Panas

Ilustrasi. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

Jakarta - Udara panas merupakan salah satu pemicu datangnya jerawat.

Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungannya antara cuaca panas dan jerawat? Biasanya jerawat muncul lantaran wajah yang kotor.

Kenyataannya, cuaca panas juga bisa menyebabkan jerawat. Cuaca panas akan meningkatkan paparan sinar ultraviolet (UV) dan keringat yang membuat jerawat membandel muncul di kulit.

Namun, tak perlu khawatir dengan cuaca panas penyebab jerawat yang melanda. Mengutip berbagai sumber, jerawat yang datang akibat udara panas sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa cara berikut ini.

1. Tangan yang bersih 
Udara panas menyebabkan keringat mengucur lebih deras sehingga membuat folikel rambut di wajah ikut tersumbat. Penyumbatan itu membuat sebum atau minyak menumpuk.

"Bakteri kemudian akan menumpuk dan menyebabkan jerawat," kata dokter ahli penyakit kulit yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Howard Sobel, dikutip dari Teen Vogue.

Salah satu cara untuk mencegah agar bakteri itu tidak membuat kulit meradang adalah dengan meminimalisir kotoran yang masuk ke kulit. Sobel menyarankan untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan kotor atau berkeringat. Tangan yang kotor dapat memicu jerawat muncul lebih cepat dan lebih banyak.

Sebaiknya gunakan tisu yang khusus untuk wajah sehingga dapat membersihkan kulit sekaligus mengangkat minyak.

2. Perawatan kulit
Saat cuaca panas, produk skincare yang diaplikasikan ke wajah juga harus disesuaikan. Dokter ahli penyakit kulit lainnya Shereene Idriss menyarankan untuk menukar pelembap berat dengan losion dan serum yang lebih ringan.

"Produk yang ringan baik digunakan untuk musim panas, kecuali SPF," ujar Idriss.

Selain itu, pelembap dengan kandungan antikomedo dan asam hialuronat juga disarankan agar kulit terhidrasi dengan baik. Hindari, pelembab dengan kandungan klorin dan air asin karena dapat memperburuk jerawat.

3. Makanan
Hindari makanan yang dapat memicu jerawat saat cuaca panas. Adult Acne melaporkan makanan yang dapat menimbulkan jerawat di antaranya yang terbuat dari banyak gula seperti es krim dan soda. 

Makanan dengan karbohidrat olahan seperti cokelat, roti, kue, dan gorengan juga dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Beberapa makanan laut seperti ikan yang berlemat dan rumput laut juga memicu jerawat.

Sebaiknya, konsumsi makanan yang dapat mencegah konstipasi. Makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air sangat disarankan saat cuaca panas. Alih-alih makan gorengan, sebaiknya mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus saat cuaca panas.

4. Membersihkan wajah
Setelah berkegiatan di bawah terik panas matahari, sebaiknya segera bersihkan kulit dengan mandi atau sekadar mencuci muka. Pilihlah produk yang tepat untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori untuk memastikan tak ada minyak yang tersisa.

Jangan lupa untuk mencuci muka sebelum tidur di malam hari dan setelah bangun tidur.

5.  Benzoil peroksida
Jangan biarkan jerawat semakin meradang di kala cuaca panas. Jika sudah terlihat kemerahan, para pakar menyarankan untuk segera mengaplikasikan produk yang memiliki kandungan benzoil peroksida.

Kandungan ini dapat membunuh bakteri dan menghilangkan jerawat.

 

Sumber : cnnindonesia.com