5 Cara Mengeluarkan Batu Ginjal yang Bisa Dicoba

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 13 Mar 2018, 15:02:58 WIB | dibaca : 160 pembacaKesehatan

5 Cara Mengeluarkan Batu Ginjal yang Bisa Dicoba

Batu ginjal dapat dikeluarkan dengan berbagai cara. (Foto: Ilustrasi/thinkstock)

Jakarta - Batu ginjal terbentuk ketika kandungan urine yang disaring oleh ginjal mengendap menjadi potongan mineral padat. Semua orang memiliki potensi batu ginjal namun memang ada beberapa yang lebih rentan karena faktor-faktor tertentu.

Semakin besar ukuran batu ginjal yang terbentuk maka risikonya untuk tersangkut di saluran kencing juga akan meningkat. Nah bila sudah tersangkut kondisi tersebut bisa dibilang darurat karena rasa sakit yang disebabkan luar biasa. Aliran urine juga terhambat dan berpotensi menyebabkan infeksi.

Apa yang bisa dilakukan seseorang untuk mengeluarkan batu ginjal ini? Berikut beberapa contoh terapinya seperti dikutip detikHealth dari berbagai sumber:

1. Minum air

Banyak minum air adalah satu cara yang mudah dilakukan untuk mengeluarkan batu ginjal. Menurut dr Dimas Nugroho, SpU dari RS Bethsaida Tangerang, jika batu ginjal berukuran kurang dari 4 milimeter (mm) pasien disarankan untuk minum dua liter air per hari sebagai diuresis.

Selain itu bisa diberikan alfa blocker (obat prostat) untuk melebarkan saluran dan juga obat anti-inflamasi.

Batu ginjal diharapkan akan terdorong oleh urine ketika kencing dan keluar dengan sendirinya.

2. Naik roller coaster

Percaya atau tidak studi yang dipublikasi di jurnal American Osteopathic Association menyebut wahana menegangkan roller coaster juga bisa membantu mendorong bantu ginjal untuk keluar. Peneliti bereksperimen dengan menggunakan model 3 dimensi saluran kencing seorang pasien dan tiga jenis batu ginjal berbeda-beda ukuran (4,5 mm kubik, 13,5 mm kubik dan 64,6 mm kubik).

Hasilnya dikonfirmasi bahwa ketika model ditempatkan di belakang roller coaster batu ginjal bisa keluar sekitar 64 persen di tiap sesi. Sementara itu ketika model ditempatkan dibagian depan roller coaster batu ginjal bisa keluar hanya sekitar 14 persen saja di tiap sesi.

Disebutkan bahawa wahana roller coaster ideal yang dapat membantu seorang pasien untuk mengeluarkan batu ginjal harus menempatkan pengendaranya pada turunan yang cepat dan belokan tajam. Namun kecepatannya juga tidak lebih kencang dari 65 kilometer per jam.

3. Terapi gelombang kejut

dr Dimas mengatakan kalau batu ginjal ukurannya cukup besar maka bisa dilakukan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). Ini adalah bentuk terapi tanpa operasi dengan menggunakan gelombang kejut berintensitas tinggi untuk menghancurkan batu ginjal dari luar.

4. Terapi laser

 

Saat terapi ultrasonik gagal maka terapi berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan bantuan alat tabung selang yang dimasukkan ke saluran kencing (ureteroscope) dan laser. Tabung jadi jalan untuk mengarahkan laser yang akan menghancurkan batu ginjal.

Terapi laser bersifat lebih invasif daripada terapi gelombang kejut.

5. Operasi

Kalau batu ginjal ukurannya sangat besar atau kompleks (berada di lokasi yang susah dan ada banyak) maka cara akhir untuk mengeluarkannya adalah dengan operasi. Dokter akan membuat sayatan kecil di punggung untuk mengakses saluran kencing dan dari sana dengan peralatan yang ada batu ginjal dihancurkan dan disedot keluar dari tubuh.

Biasanya pasien yang menjalani prosedur ini perlu dirawat satu malam sebelum boleh pulang.

 

Sumber : detik.com