5 Hal yang Perlu Diketahui dari Virus Corona dan HIV

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 26 Mar 2020, 14:23:16 WIB | dibaca : 27 pembacaKesehatan

5 Hal yang Perlu Diketahui dari Virus Corona dan HIV

Ilustrasi. Orang dengan HIV disarankan untuk mengikuti langkah pencegahan agar terhindari dari infeksi virus corona. (Istockphoto/burakkarademir)

Jakarta - Infeksi virus corona atau Covid-19 rentan pada orang yang memiliki imunitas rendah, termasuk orang dengan HIV. Orang yang hidup dengan HIV disarankan untuk mengikuti langkah pencegahan agar terhindar dari virus corona.

Hingga saat ini, belum ada bukti kuat yang menyatakan orang dengan HIV memiliki risiko tinggi terhadap Covid-19 atau akan mendapatkan gejala yang parah saat terkena Covid-19. Namun, pada populasi umum, orang tua dengan HIV dan orang dengan HIV yang memiliki masalah jantung atau paru-paru lebih berisiko terinfeksi.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang virus corona bagi orang dengan HIV, berdasarkan UNAIDS.

1. Pencegahan
Orang dengan HIV tetap harus mengikuti langkah pencegahan virus corona seperti sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dengan orang lain, mengenakan masker bagi yang sakit, mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan seimbang, serta mengikuti arahan dari pemerintah untuk tetap di rumah atau isolasi diri.

Segera ke rumah sakit jika muncul gejala Covid-19 dan pernah kontak dengan orang yang positif terinfeksi virus corona.

2. Obat-obatan
Selalu siapkan obat-obatan pribadi terkait HIV atau lainnya yang cukup untuk kebutuhan selama satu bulan. WHO bahkan merekomendasikan untuk menyetok persediaan obat-obatan untuk tiga bulan, walaupun belum diadopsi oleh banyak negara.

3. Hubungi dokter atau klinik
Simpan nomor telepon klinik, rumah sakit, atau dokter yang menangani. Nomor ini bisa digunakan untuk menanyakan hal-hal penting atau dalam kondisi gawat darurat.

Ketahui pula cara untuk mengakses perawatan atau terapi saat pandemi Covid-19. Beberapa terapi mungkin dialihkan atau diperketat untuk mencegah penyebaran virus corona.

4. Physical distancing
Saat physical distancing atau tidak bertemu secara fisik, jalin lah komunikasi bersama teman dengan memanfaatkan internet dan media sosial. Beri dukungan dan saling membantu satu sama lain. Bersosialisasi juga dapat mencegah kesepian saat isolasi atau berdiam di rumah.

5. Kelola stres
Cari sumber informasi yang terpercaya untuk mencegah kecemasan. Kelola stres dan kecemasan dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan di rumah, misalnya me time atau meditasi.

Stop stigma dan diskriminasi karena semua orang berhak untuk mendapatkan pengobatan atau perawatan.

 

Sumber : cnnindonesia.com