5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Baik untuk Jantung

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 16 Mei 2018, 09:28:03 WIB | dibaca : 53 pembacaKesehatan

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Ternyata Baik untuk Jantung

Ingin jantung tetap sehat dan berfungsi sebagaimana semestinya? Ada berbagai aktivitas sehari-hari yang ternyata baik untuk kesehatan jantung. Foto: thinkstock

Jakarta - Jantung merupakan salah satu organ penting bagi tubuh, jika jantung bermasalah maka distribusi oksigen terganggu dan fungsi organ tubuh yang lain juga akan bermasalah. Bagaimana cara membuat jantung tetap sehat?

Ahli jantung dari RS Jantung Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP menyebut salah satu di antaranya adalah menjaga pola makan yang sehat. Hanya dengan menghindari makanan tinggi lemak, risiko masalah jantung bisa berkurang drastis.

"Makanan terbaik untuk sarapan adalah makanan yang mengandung tinggi serat dan ikan," ujar dr Isman.

Beberapa kebiasaan baik lainnya yang tanpa disadari bisa membuat jantung lebih awet adalah sebagai berikut:

1. Sarapan
Jika masih menganggap sarapan itu nggak penting, maka ingatlah kesehatan jantung. Sarapan yang sehat menghindarkan perilaku makan berlebihan pada sesi makan berikutnya, makan sian dan malam, sehingga terhindari dari kegemukan. Risiko penyakit jantung umumnya meningkat pada kondisi berat badan berlebih.

Menu makanan yang bagus untuk jantung adalah 5 porsi buah dan sayur dalam sehari. Sarapan ada sayur, sebelum makan siang ada buah, makan siang ada sayur, sebelum sore ada buah, dan makan malam ada sayur.

2.Makan ikan
Mengonsumsi ikan sangat dianjurkan karena ikan mengandung lemak tidak jenuh dan omega-3 cukup tinggi. Lemak tidak jenuh dan omega-3 diketahui mempunyai efek perlindungan bagi jantung yakni mencegah radang dan risiko pembekuan darah. Kandungan tersebut juga efektif menurunkan kadar trigliserida, dan menekan risiko aterosklerosis. Lebih baik lagi makan ikan 2 hingga 3 kali seminggu, sangat dianjurkan memakan ikan salmon, sarden, tuna, makarel dan lain-lain yang tinggi kadar omega-3.

3.Semangka
Mengonsumsi semangka bagus, karena semangka 90 persen mengandung air dan sisanya serat serta vitamin. Semangka tidak mengandung kolesterol maupun lemak, namun kaya akan serat.

4.Berjalan kaki
Berjalan kaki merupakan olahraga atau aktifitas paling bagus untuk meningkatkan kebugaran dan melancarkan aliran darah, jika dilakukan selama 30 menit dengan kecepatan 4 hingga 6 kilometer perjam. Sebaiknya dilakukan minimal 3 kali seminggu. Olahraga aerobik seperti jalan cepat (jogging) secara rutin oleh orang sehat dapat menurunkan angka kejadian penyakit kardiovaskular dan menekan faktor-faktor risiko kardiovaskular lainnya seperti mengendalikan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan.

5.Sering tertawa
Tertawa bagus untuk menghilangkan stres dan kejenuhan. Tubuh akan relaks dan dilaporkan akan meningkatkan pelepasan hormon endorfin dalam tubuh. Perlu diingat juga, menjaga pola makan yang sehat dan teratur kemudian olahraga yang cukup juga diperlukan untuk menjaga jantung tetap sehat.

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)