6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Pilek

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 08 Nov 2018, 09:37:38 WIB | dibaca : 35 pembacaKesehatan

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Pilek

Pilek (Istockphoto/Tharakorn)

Jakarta - Sakit pilek, batuk, dan flu memang hanya membutuhkan istirahat yang cukup dan makanan yang tepat.

Makanan sendiri memegang peranan penting saat sedang sakit. Makanan bisa membuat Anda cepat sembuh dari pilek atau justru malah memperburuk kondisi.

Tak dimungkiri salah pilih makanan bakal membuat sakit pilek Anda malah tambah parah.

Mengutip Reader"s Digest, berikut beberapa makanan yang pantang disantap saat sedang pilek dan flu.

1. Makanan manis
Makanan manis bisa menyebabkan pembengkakan. Kondisi ini akan melemahkan sel darah putih yang sebenarnya berfungsi untuk melawan penyakit.

Cobalah untuk menahan nafsu makan aneka makanan manis (termasuk jus yang manis) sampai Anda benar-benar sehat.

2. Karbohidrat sederhana
Terpikir untuk menyantap aneka roti panggang dengan mentega, atau sepiring pasta nikmat? Pikir lagi.

Makanan berkarbohidrat yang disantap sampai halus akan dipecah cepat menjadi gula. Hal ini akan menyebabkan tubuh banyak mengandung gula darah yang berpotensi menyebabkan pembengkakan.

Jika Anda tak bisa untuk tak makan roti, maka cobalah santap roti gandum. Kunyah dengan perlahan sehingga tak memicu peningkatan gula darah dengan cepat.

3. Alkohol
Seperti gula, alkohol juga berisiko menyebabkan pembengkakan dan melemahkan sel darah putih. Selain itu alkohol juga memiliki efek lainnya yang memicu dehidrasi.

Padahal hidrasi adalah poin penting saat Anda sakit pilek, flu, atau lainnya.

Ketika sakit, hidrasi penting karena membran mukus di hidung bisa bekerja maksimal untuk menghilangkan virus ketika dalam keadaan lembap.


4. Jeruk
Menikmati segelas jus jeruk yang segar dan penuh dengan vitamin C mungkin jadi insting pertama ketika flu dan pilek. Tapi hati-hati kalau ini juga diikuti dengan sakit perut.

Namun buah jeruk, termasuk jeruk bali, jeruk mandarin, sampai lemon bisa mengiritasi lambung. Khususnya untuk Anda yang juga punya masalah sakit perut.

Jika hanya pilek atau flu tanpa sakit perut, minum jus jeruk sangatlah disarankan. Namun jangan tambahkan gula ke dalamnya.

5. Minuman berkafein
Seperti alkohol, minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda bisa membuat Anda justru mengalami dehidrasi. Selain itu kandungan gula di dalamnya juga akan membuat tubuh yang terserang pilek lebih sulit sembuh.

6. Susu
Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Laryngoscope menemukan bahwa susu, khususnya susu sapi, malah memperparah kondisi flu yang diderita seseorang.

Penelitian menyebut bahwa mereka yang meminum susu sapi mengalami peningkatan volume lendir.

"Sebaiknya orang yang sedang flu mempertimbangkan untuk mengurangi asupan produk susu untuk mengurangi gejala pilek," ujar ahli Adam Frosh, ahli THT di RS Lister, mengutip Daily Mail.

 

Sumber : cnnindonesia.com