6 Sajian Bakmi di Nusantara Paling Direkomendasi Versi Bakmi Club, Cek Dulu Kehalalannya

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 17 Feb 2020, 10:06:30 WIB | dibaca : 76 pembacaKuliner

6 Sajian Bakmi di Nusantara Paling Direkomendasi Versi Bakmi Club, Cek Dulu Kehalalannya

Foto: Ilustrasi

Jakarta - Mi merupakan sajian kuliner yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Tersedia dalam berbagai rasa, mi bisa disajikan dengan aneka topping seperti taoge, ayam, telur, hingga sayuran. Salah satu olahan mi yang digemari ialah bakmi

Bakmi ialah sajian mi yang dipopulerkan oleh para pedagang Tiongkok ke Indonesia. Maka itu, bakmi menjadi makanan yang terkenal terutama di daerah-daerah Pecinan. 

Di Indonesia sendiri, ternyata ada sebuah klub yang merupakan kumpulan orang-orang pecinta mi, yaitu Bakmi Club. Komunitas tersebut diketahui memiliki hampir 30.000 orang anggota dari dalam maupun luar negeri. Biasanya mereka akan berburu mi yang kebanyakan nonhalal dan menuliskan ulasannya sebagai bentuk menyebarkan informasi kepada sesama anggota.

Dilansir dari Asia One, Selasa, 11 Februari 2020, menurut pendiri Bakmi Club, Eric Wirjanata, komunitas tersebut telah dibentuk sejak 2015. Awal mulanya ialah saat Wirjanata menyadari banyaknya warung mi yang berlokasi dekat rumahnya di Jakarta Timur. 

Saat itu, di mana ia baru saja keluar dari pekerjaannya di bidang bisnis, Wirjanata melihat adanya sebuah peluang untuk memulai sesuatu yang baru, yaitu membuat sebuah blog yang fokus pada petualangannya berkuliner. 

"Saya suka mi, jadi jika tidak berhasil, saya setidaknya akan memiliki beberapa teman makan baru serta mendapatkan pengalaman berkuliner sepanjang jalan,"ujar Wirjanata, "saya punya uang tabungan dan saya pikir saya bisa menghasilkan sesuatu sebelum saya mulai bekerja dengan klien saya berikutnya,"lanjutnya. 

Lelaki berusia 38 tahun itu sampai saat ini masih tergabung dalam Bakmi Club. Beberapa anggotanya malah ada yang telah membuka toko mi mereka sendiri. Ada pula beberapa restoran yang keuntungannya meningkat dengan bantuan dari anggota klub lainnya. 

Dalam sebuah grup yang ada di media sosial Facebook, mereka membagikan cerita-cerita dan tips seputar bakmi. Wirjanata pun mengingatkan semua orang untuk memberikan pendapat yang jujur dan objektif di laman tersebut.

Rekomendasi Bakmi


1. Tiong Sim 

Belokasi di Jalan Selat Panjang No.7, Pasar Baru, Medan, Sumatera Utara, kedai Tiong Sim terkenal akan bakminya yang sedap. Mie Tiong Sim merupakan kuliner mi kuning yang memiliki tekstur renyah. Sebagai pelengkap, mi disajikan dengan suwiran daging ayam dan daging babi. Terdapat pula potongan daung bawang serta bawang merah goreng di atasnya. 

Diketahui, kedai ini sudah ada sebelum Indonesia merdeka, yaitu pada 1940, meskipun ada pula yang mengatakan baru berdiri pada 1993.  Dengan usia berdirinya yang terbilang tidak lagi sebentar, bakmi Tiong Sim sudah jelas terjamin kualitas rasanya.

2. Ho Liaw

Bakmi Ho Liaw terkenal akan babi panggangnya yang dikatakan memiliki cita rasa nikmat. Babi panggang ini bisa Anda santap dengan empat jenis mi yang menjadi ciri khas Ho Liaw, yaitu mi keriting, mi panjang, dan mi lebar. 

Untuk menikmati seporsi bakmi Ho Liaw Anda bisa berkunjung ke kedainya yang terletak di Blok Q1, Jalan Raya Kelapa Kopyor Kelapa Gading, Jakarta. Jam operasionalnya ialah pada pukul 08.00 WIB -- 14.00 WIB. 

3. Mie Cinco

Mie Cinco merupakan salah satu kedai mi yang terkenal di Sukabumi. Mie Cinco terdiri dari perpaduan antara mi lebar dengan potongan daging dan disajikan dengan pendamping kuah kaldu. 

Namun bagi Anda yang Muslim tidak bisa mencicipinya sebab terdapat kandungan babi di dalamnya. Bagi yang tertarik bisa berkunjung ke Jalan Ahmad Yani, Gang Kebon Kelapa No.8, Cikole, Kebonjati, Sukabumi, Jawa Barat.

4. Pangsit Mie & Lemper Ayam Spesial 168

Kedai yang terletak di Jalan Gading Elok Raya Utara, Blok FA2 No.7, Kelapa Gading, merupakan salah satu yang menyediakan bakmi halal. Sesuai namanya, menu andalan di sini ialah mi pangsit dan lemper ayam. 

Tersedia aneka pilihan mi, mulai dari Pangsit Mie Ayam, Mie Urat Sapi, Mie Spesial 168, dan Song Mie. Selain itu, terdapat pula menu lainnya seperti nasi tim, bakso kuah, hingga siomay.  

5. Bakmi Balige Jaya

Meskipun tidak masuk dalam jajaran bakmi terenak di Jakarta, rasa dari bakmi ini patut diacungi jempol. Bakminya yang memiliki tekstur cukup renyah memiliki dua helai pangsit di dalamnya. 

Meksipun taburan daging babinya tidak cukup banyak, bakmi ini tetap bisa memuaskan perut yang lapar. Untuk bisa menikmatinya Anda bisa berkunjung ke Jalan Bangunan Barat No.36 A, Kampung Ambon, Jakarta Timur.

6. Bakmi Siantar Jaya 

Bakmi Siantar Jaya memiliki tekstur mi yang cenderung lembek. Dengan perpaduan rasa manis dan gurih di bumbu mi, meskipun lembek bakmi ini menjadi rekomendasi yang mesti dicoba. Kenikmatannya akan bertambah saat Anda langsung menyantapnya di lokasi, yaitu di Jalan Bangunan Barat No.17, Kampung Ambon, Jakarta. Namun, bakmi ini tidak disarankan bagi kaum muslim karena menggunakan potongan daging babi di dalamnya.

 

Sumber : liputan6.com