7 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Atur Pola Makan dan Olahraga

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 16 Nov 2020, 08:45:58 WIB | dibaca : 139 pembacaKesehatan

7 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Atur Pola Makan dan Olahraga

Tips mengecilkan perut buncit (Foto: Istock)

Jakarta - Cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan beberapa alternatif. Dikutip dalam Health Line, perut mirip seperti balon, ia meregang saat terisi makanan dan minuman dan kembali ke ukuran biasa saat dikosongkan.

Kebanyakan orang dewasa memiliki ukuran perut yang sama. Perut kosong dapat menampung sekitar 1 liter makanan.

Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dapat membuat berat badan bertambah dan perut cenderung buncit.

Berikut cara mengecilkan perut buncit secara alami:

1. Konsumsi makanan tinggi serat

Mengkonsumsi makanan tinggi serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi serat yang berasal dari sayur dan buah, ini bisa membuat Anda mengurangi keinginan makanan secara berlebih dan ngemil berlebihan.

Serat juga sangat baik untuk pencernaan sehingga akan mengurangi perut kembung dan mencegah perut terlihat buncit.

2. Mengurangi asupan kalori

Cara mengecilkan perut secara alami adalah dengan mengurangi asupan kalori. Namun jangan memangkasnya terlalu drastis, karena jika terlalu sedikit kalori yang masuk, metabolisme tubuh seperti penyerapan cairan, pembakaran lemak hingga penyerapan nutrisinya pun menjadi terlambat.

3. Batasi asupan gula

Gula merupakan salah satu bahan yang memicu seseorang memiliki perut buncit. Dengan membatasi asupan gula, Anda bisa mengecilkan perut buncit lebih efektif.

Gula banyak terdapat pada teh kemasan, soda dan juga jus buah kemasan. Sehingga beberapa minuman ini sebaiknya dihindari. Yang perlu diingat adalah batas maksimal mengonsumsi gula yaitu 4 sdm dalam sehari.

4. Konsumsi sayur dan biji-bijian

Cara yang umum untuk mengontrol rasa lapar adalah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Sayuran seperti bayam, jamur dan brokoli dapat memberikan nutrisi tinggi.

Sayur dan biji-bijian juga dapat mengendalikan rasa lapar. Mereka juga memberikan serat yang tinggi.

5. Mengunyah makanan hingga halus

Proses menghaluskan makanan bisa berpengaruh terhadap ukuran perut. Karena jika makanan yang ditelan kurang halus maka makanan tidak dapat dicerna secara sempurna. Akibatnya perut terlihat kembung dan buncit.

6. Konsumsi probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang membantu menyehatkan sistem pencernaan dan membantu pembakaran dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan probiotik dalam yogurt dan juga kimchi.

7. Olahraga

Selain pola makan, cara mengecilkan perut adalah dengan olahraga. Ada beberapa olahraga yang bisa membantu mengecilkan perut buncit yaitu zumba hingga sit up.

Zumba sangat cocok untuk membantu mengecilkan perut buncit. Diiringi dengan musik sehingga gerakannya lebih lincah. Sebuah studi menyebutkan bahwa berlatih zumba selama 39 menit dapat membakar 300-368 kalori dalam tubuh.

Olahraga lain yang dapat membantu mengecilkan perut buncit adalah dengan sit up. Sit up merupakan gerakan yang memusatkan kontraksi otot pada bagian perut.

Selain itu sit up juga dapat membantu meningkatkan performa atletik seseorang serta menyeimbangkan postur tubuh. Dengan sering melakukan sit up perut buncit pun akan terlihat lebih ramping.

 

Sumber : detik.com