7 Jenis Bau Badan Pertanda Kondisi Kesehatan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 14 Feb 2020, 08:32:35 WIB | dibaca : 65 pembacaKesehatan

7 Jenis Bau Badan Pertanda Kondisi Kesehatan

Ilustrasi: Jenis bau badan tertentu dapat berarti sinyal atau pertanda kondisi kesehatan. (Istockphoto/liza5450)

Jakarta - Bau badan tak hanya timbul karena berkeringat atau lupa memakai deodoran. Jenis bau badan tertentu dapat berarti sinyal atau pertanda kondisi kesehatan.

Kondisi kesehatan di dalam tubuh dapat membuat badan mengeluarkan bau yang tak sedap. Bau yang kuat ini umumnya muncul secara terus menerus dan tak dapat dihilangkan dengan mandi atau pun memakai wewangian.

Cermati bau badan yang muncul sebagai pertanda kondisi kesehatan. Berikut tujuh jenis bau badan.

1. Bau ikan
Tubuh dapat menghasilkan bau ikan yang amis saat bernapas, berkeringat, dan pipis. Bau ikan ini umumnya muncul setelah mengonsumsi telur, ikan, dan sayuran.

Bau ikan ini berkaitan erat dengan gangguan trimethylaminuria. Dikutip dari NORD, gangguan metabolik langka ini merupakan kondisi yang terjadi saat tubuh tak bisa mengubah protein di dalam tubuh.

2. Bau keringat
Bukan bau keringat setelah berpanas-panasan atau berolahraga. Bau keringat ini dapat muncul bahkan saat tubuh sedang tidak berkeringat. Kondisi lain juga bisa terjadi saat suhu udara normal dan tidak melakukan aktivitas, tapi tubuh mengeluarkan banyak keringat yang berbau.

Kondisi ini dihubungkan dengan hyperhidrosis atau kondisi abnormal yang membuat tubuh terus menerus berkeringat. Dikutip dari Mayo Clinic, hyperhidrosis biasanya terjadi pada tangan, kaki, ketiak, dan wajah.

3. Bau tinja
Konstipasi yang ekstrem dapat membuat tubuh mengeluarkan bau tinja atau kotoran. Keringat yang keluar dapat berbau seperti tinja. Dikutip dari Elite Readers, hal ini terjadi karena sistem pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik sehingga membuat keringat berbau seperti feses.

4. Bau pahit
Bau pahit tajam yang dikeluarkan tubuh dapat menjadi sinyal masalah pada liver atau hati. Liver merupakan salah satu organ yang bertugas menetralisir racun. Gangguan pada liver berarti organ ini tidak dapat membersihkan racun dan artinya tubuh dalam bahaya.

5. Bau telur busuk
Badan juga dapat mengeluarkan bau telur busuk. Bau ini biasanya muncul karena terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Saat tubuh tak bisa mencerna daging merah, maka tubuh mulai memproduksi asam amino yang mengandung sulfur. Asam amino inilah yang menyebabkan tubuh berbau telur busuk.

Untuk menghilangkan bau ini, jangan konsumsi daging merah untuk sementara waktu.

6. Bau alkohol
Bau alkohol umumnya muncul setelah tubuh mengonsumsi alkohol. Bau ini berarti tubuh tak bisa memetabolisme alkohol sehingga mengeluarkan bau.

7. Bau samar
Bau samar biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut usia. Bau ini sering kali tak bisa dihilangkan karena usia tak bisa dibohongi. Perubahan bau saat beranjak tua merupakan sesuatu yang normal.

Jika Anda merasa jenis bau badan mulai tidak normal, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

 

Sumber ; cnnindonesia.com