7 Manfaat Jambu Biji: Menurunkan Kolesterol hingga Cegah Kanker

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 14 Jan 2020, 09:02:40 WIB | dibaca : 94 pembacaKesehatan

7 Manfaat Jambu Biji: Menurunkan Kolesterol hingga Cegah Kanker

Foto: iStock/7 Manfaat Jambu Biji: Menurunkan Kolesterol Hingga Cegah Kanker

Jakarta - Jambu biji merupakan buah yang cukup populer, dan digemari oleh banyak orang. Jambu biji memiliki manfaat untuk kesehatan, karena mengandung mineral dan vitamin.

Jambu biji sangat mudah ditemukan di Indonesia, tidak hanya mengandung mineral dan vitamin. Bahkan jambu biji memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, kalium serta antioksidan. Manfaat dari jambu biji, dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Berikut 7 Manfaat Jambu Biji:

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Jambu biji memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah, sebab mengandung kalium untuk melindungi tubuh dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah.

Dengan mengkonsumsi buah jambu biji, dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah, sebab jambu biji memiliki kandungan vitamin C dan serat dalam jambu biji.

2. Melancarkan Pencernaan

Jambu biji memiliki manfaat untuk melancarkan saluran pencernaan, karena kandungan serta yang tinggi pada jambu biji. Kandungan tersebut dapat mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman di dalam saluran pencernaan tetap bekerja dengan baik.

3. Menyehatkan Mata

Jambu biji memiiki kandungan vitamin A yang dapat menyehatkan mata, jambu biji juga mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata. Vitamin A yang terkandung pada jambu biji juga penting, untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit wajah tetap segar.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jambu biji dapat meningkatkan imunitas tubuh, sebab mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di Jeruk, dan juga bermanfaat mengurangi resiko terkena penyakit infeksi.

Selain itu, vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, membantu dalam penyembuhan luka, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

5. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Jambu biji berfungsi sebagai obat alami bagi penderita diabetes, dan juga untuk mencegah lonjakan gula. Jambu biji dapat mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes.

6. Mengobati Batuk dan Flu

Jambu biji yang muda yang dapat dijadikan sebagai obat mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah jambu biji, kaya dengan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus flu.

7. Mencegah Kanker

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yaitu dapat mencegah kanker, karena jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonoid dan fitonutrien yang egektif mencegah kanker. Kandungan vitamin C yang tinggi, dapat menetralkan radikal bebas penyebab kanker, kandungan antioksidan tidak hanya dibuahnya saja, tapi juga daunnya.

Itulah manfaat jambu biji untuk kesehatan, jika dikonsumsi secara teratur bisa membantu menyembuhkan penyakit secara maksimal. Namun, jika penyakit yang diderita sudah tidak dapat ditangai dengan obat alami, segera ke dokter agar dapat perawatan yang cocok.

 

Sumber : detik.com