7 Menu Sarapan Ini Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 13 Nov 2020, 08:14:20 WIB | dibaca : 117 pembacaKesehatan

7 Menu Sarapan Ini Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Menu sarapan yang tidak bikin gemuk (Foto: thinkstock)

Jakarta - Melewatkan s biasanya dilakukan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, anggapan yang salah itu justru meningkatkan risiko obesitas. Faktanya, sarapan yang sehat adalah cara tepat untuk menurunkan berat badan. Para peneliti meninjau 147 orang yang memiliki tubuh ramping, 96 persen dari mereka melakukan sarapan hampir setiap hari.

Temuan National Weight Control Registry, 78 persen orang mampu menurunkan berat badan dan tetap sarapan setiap hari. Sarapan terbaik adalah dengan memakan makanan yang mengandung protein tinggi, rendah lemak, kaya serat, dan rendah kalori.

Dikutip dari Eatthis, berikut tujuh makanan yang tepat dikonsumsi saat sarapan dan bisa membantu program diet.

1. Bubuk protein organik

Konsumsi dua sendok bubuk protein atau sebanyak 34-48 gram. Bubuk protein organik adalah sumber nutrisi pembentukan otot terbaik. Gunakan bubuk protein organik untuk membuat smoothie berprotein tinggi, masukan oatmeal untuk menambahkan jumlah protein, bubuk potein juga dapat diolah menjadi campuran pancake buatan sendiri.

2. Telur

Protein yang ada dalam dua butir telur sebanyak 12 gram. Ahli Diet Martha McKittrick mengatakan, telur adalah sumber protein yang sangat baik. Di dalamnya mengandung nutrisi sehat termasuk kolin yang digunakan untuk membakar lemak. Kolin ditemukan dalam daging tanpa lemak, makanan laut, dan collard hijau.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan berat badan, setidaknya 20 vitamin dan mineral terkandung di dalamnya. McKittrick mengatakan, asam oleat dalam alpukat juga terbukti mengurangi lemak perut. Alpukat merupakan sumber serat dan lemak yang baik. Olahan sarapan dengan mengombinasikan roti, telur, dan alpukat akan menjadi menu sarapan terbaik yang bantu turunkan bobot tubuh.

4. Bayam

Bayam tinggi akan serat yang baik untuk pencernaan. "Bayam rendah kalori tetapi tinggi serat, kandungan itu yang membantu anda merasa lebih kenyang," ujar Ahli Diet Torey Armul. Bayam kaya akan omega-3 dan folat nabati yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Bayam dapat diolah menjadi sayur dengan sedikit garam, campuran telur dadar, smoothie, maupun dimasukan ke dalam roti lapis dengan telur.

5. Brokoli

Brokoli dapat dimakan mentah ataupun dimasak. Sayuran seperti brokoli, jamur, tomat, dan bawang mengandung serat yang membantu perut tetap kenyang sepanjang waktu sibuk di pagi hari.

6. Ubi jalar

Nutrisi yang ada di dalam ubi jalar membantu untuk membakar lemak tubuh. Kaya akan serat dan memiliki indeks zat karbohidrat yang rendah, makanan ini cocok disantap karena penyerapannya yang lambat dan membuat kenyang lebih lama. Ubi jalar mengandung vitamin, serat, dan mineral yang sesuai untuk mengontrol porsi makan sehari-hari.

7. Pisang

Dalam satu buah pisang terdapat 14 gram gula dan 3 gram serat. Pisang kaya akan kalium, serat, dan air yang mengenyangkan. Memasukkan irisan pisang ke dalam oatmeal tanpa gula atau menambahkan mentega kacang di atas irisan pisang adalah kombinasi terbaik untuk melawan lemak yang jahat.

 

Sumber : detik.com