Agar Rasanya Nikmat, Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Makan Shabu-shabu

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 17 Okt 2019, 08:30:56 WIB | dibaca : 23 pembacaKuliner

Agar Rasanya Nikmat, Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Makan Shabu-shabu

Foto: iStock

Jakarta - Shabu-shabu adalah hidangan ala Jepang yang terdiri dari daging yang diiris tipis dan berbagai sayuran segar yang dimasak dalam kaldu. Untuk memasaknya perlu perhatikan beberapa tips ini.

Biasanya restoran Shabu-shabu selalu mempersilahkan pengunjung untuk memasak sendiri Shabu-shabu yang mereka pesan. Shabu- shabu tersebut dimasak dalam panci berisi kaldu yang tersedia di masing-masing meja pengunjung.

Mungkin bagi yang pertama kali memakan Shabu-shabu akan merasa sedikit kewalahan dengan semua bahan dan langkah yang berbeda. Jangan khawatir, makan Shabu-shabu sebenarnya sangat sederhana kalau kamu mengetahui tips-tipsnya.

Mulai dari cara memasak kaldu, daging hingga sayuran, berikut 5 tips makan Shabu-shabu seperti yang dilansir dari beberapa sumber.

1. Memilih Kuah Kaldu

Bahan-bahan Shabu-shabu nantinya akan dimasak dalam kuah kaldu. Biasanya restoran akan menawarkan jenis kuah kaldu yang dapat dipilih. Kuah kaldu shabu-shabu ada dalam beberapa jenis mulai dari Kuah Konbu, Original Kaldu Ayam, Kuah Tomyam, Kuah Tomyam, Kuah Gochujang, Kuah Rempat hingga Kuah Pedas.

Supaya lebih aman, kamu bisa meminta kuah tester kepada pelayan agar tak salah pilih. Dengan begitu, kamu bisa merasakan kuah yang dipesan sebelum disajikan untuk merebus sesuai dengan selera kamu. Selain kuah kaldu, kamu juga harus memilih jenis daging yang akan dinikmati.

Tak jarang restoran memiliki tawaran berbagai jenis daging yang varian harga yang berbeda-beda. Yang terpenting adalah untuk memastikan bahwa daging yang kamu pilih masih segar dan berkualitas baik sehingga aman untuk dikonsumsi.

2. Memasak Kaldu

Setelah memilih kuah kaldu apa yang akan digunakan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memanaskan kuah kaldu. Kuah kaldu dalam panci tersebut kemudian dipanaskan dalam kompor di atas meja dan masak sampai benar-benar mendidih. Mungkin perlu memakan waktu beberapa menit untuk mulai mendidih.

Saat mulai mendidih, segera kecilkan api pada kompor. Hal yang harus diperhatikan saat memasak kaldu adalah jangan meminum kaldu tersebut. Jika dilakukan maka kaldu tersisa ebih sedikit untuk memasak daging dan sayuran. Mungkin kamu bisa saja meminta kepada pelayan untuk menambahkan kaldu.

Namun, hal tersebut sangat tidak disarankan karena bisa mengurangi kelezatan dari Shabu-shabu. Kaldu yang sudah mendidih kemudian ditambah kaldu yang masih mentah akan mengubah rasa kaldu dan keseimbangan bumbu dalam kaldu.

3. Memasak Sayuran dan Daging

Setelah kaldu mendidih, mulailah untuk memasukkan sayuran terlebih dahulu. Itu karena sayuran akan memakan waktu lebih lama untuk dimasak dari pada daging. Khususnya sayuran yang bertekstur keras seperti wortel, bok choy, brokoli, jamur dan kacang polong akan memakan waktu sekitar 3-5 menit untuk dimasak.

Sementara sayuran berdaun akan lebih cepat matang. Sambil menunggu sayuran matang, jangan ragu untuk mulai memasak daging. Saat memasak daging, disarankan dengan mencelupkan atau mengocok ke dalam kaldu selama 10 detik menggunakan sumpit. Itu karena irisan daging disajikan sangat tipis.

Perhatikan agar daging jangan sampai terjatuh ke dalam kaldu atau kami akan berisiko mengambilnya terlalu lama. Memasak lapisan daging yang tipis dalam waktu yang lama akan membuat rasa dan teksturnya berubah. Setelah mencelupkan selama 10 detik, angkat daging tersebut dan biarkan kaldu menetes dari lapisan daging.

4. Memilih Saus

Menikmati Shabu-shabu belum lengkapi tanpa tambahan saus. Saus yang biasa dijadikan bahkan sudah dipasangkan dengan Shabu-shabu adalah saus ponzu. Saus ponzu adalah saus berbasis saus berbasis jeruk. Rasanya beragam, perpaduan antara asin, asam dan gurih. Setelah daging dan sayuran dimasak dari kaldu, sebelum disantap akan lebih nikmat jika dicelup ke dalam saus ponzu ini.

Tidak memanfaatkan ponzu sebagai saus celupan Shabu-shabu adalah suatu kesalahan yang bisa mengurangi rasa utama dari Shabu-shabu. Biasanya restoran Shabu-shabu akan menyajikan 2 jenis saus celup. Selain saus ponzu, juga ada saus wijen. Banyak dari penggemar Shabu-shabu yang mencelupkan daging dan sayu ke dua saus tersebut secara bergantian.

Biasanya saus wijen lebih ringan dan lebih creamy dibandingkan dengan saus ponzu. Saus ponzu warnanya lebih gelap dan teksturnya yang tidak terlalu tebal. Namun, banyak yang mengatakan bahwa saus ponzu lebih lezat karena rasanya yang beragam dan ada tambahan jeruk sitrus yang menyegarkan.

5. Nikmati dengan Nasi

Kesalahan menikmati Shabu yang masih sering terjadi adalah ketika orang-orang berpikir bahwa semangkuk nasi hanyalah pendamping. Bahkan ada yang menikmati Shabu-shabu tanpa makan nasi. Padahal disediakannya nasi adalah untuk dimakan bersama daging dan sayuran yang telah dimasak tadi.

Selain kaldu, daging, sayuran dan saus, Shabu-shabu akan semakin lezat dengan nasi putih. Tempatkan daging dan sayuran yang sudah dimasak dalam kaldu dan dicelup ke dalam saus di atas nasi. Dengan begitu nasi akan menyerap semua rasa yang menetes dari daging dan sayuran.

Sehingga membuat rasanya semakin lezat. Jika daging dan sayur sudah habis, sementara nasi masih tersisa ini adalah waktu di mana kamu bisa menikmati kaldu. Akan lebih nikmat dengan menuangkan kaldu ke dalam semangkuk nasi.

 

Sumber : detik.com