Aplikasi yang Memudahkan Proses Belajar Mengajar

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 22 Agu 2015, 14:12:42 WIB | dibaca : 677 pembacaPendidikan

Aplikasi yang Memudahkan Proses Belajar Mengajar

Smartphone dan tablet kerap diharamkan dalam proses belajar mengajar. Padahal, ada banyak aplikasi pendidikan yang bisa memudahkan guru dan murid.

smartphone atau tablet kerap dimusuhi saat proses belajar-mengajar. Alasannya satu: merusak konsentrasi melalui game, media sosial dan aplikasi chatting.

Namun jika ditelisik, ada pula sisi positif dari pengoperasiansmartphone atau tablet di kelas atau pada kegiatan belajar-mengajar lainnya. Berikut lima aplikasi perangkat mobileyang berguna dalam bagi murid dan guru.

1. Edmodo.

 

Diskusi murid dan guru di kelas kadang tak selesai bertepatan dengan bel pulang sekolah. Untuk itu Edmodo hadir.

Aplikasi ini memungkinkan guru dan murid-murid melanjutkan diskusi di kelas ke ranah chatting. Pertukaran konten seperti video dan foto dimungkinkan.

Guru juga bisa membuat kuis dan survey online untuk bahan evaluasi belajar-mengajar di kelas. Bahkan, pekerjaan rumah murid bisa diunggah lewat aplikasi ini sekaligus dinilai oleh guru.

Aplikasi ini bisa meningkatkan produktivitas guru dan murid sebagai pengajar dan yang diajar. Kamu bisa mengunduhnya di sini dan sini.

2. TED.

Organisasi Technology, Entertainment, Design (TED) menghimpun ratusan pembicara inspiratif melalui program TED Talks. Mereka bergerak di berbagai sektor, misalnya industri kreatif, pendidikan, dan sebagainya.

Dari pembicara-pembicara tersebut, guru dan murid bisa berdebat dan berdiskusi. Proses belajar-mengajar yang mengedepankan diskusi dengan topik menarik tentu lebih mudah diserap oleh murid.

Unduh di Apple App Store atau Google Play Store.

3. Blackboard Mobile Learn

Pada dasarnya aplikasi ini serupa dengan Edmodo. Bedanya, antarmuka aplikasi dibuat lebih cerah dan ceria dengan warna-warni kapur virtual di papan virtual pula.

Guru bisa menyebar pengumuman ujian, mengunggah tugas rumah, serta memberi tahu informas-informasi lainnya.

Unduh di Apple App Store atau Google Play Store.

4. Subtext

Melalui aplikasi ini, guru bisa membenamkan topik diskusi langsung pada bahan bacaan yang dibagi online. Antarmuka yang ramah pengguna akan memudahkan murid memahami bahan bacaan.

Guru bisa membuat highlight untuk beberapa kalimat atau paragraf pada bahan bacaan. Setelahnya, murid bisa membuka informasi lebih lanjut tentang kalimat atau paragraf yang digarisbawahi.

Unduh di Apple App Store.

5. Trello

Aplikasi ini berguna untuk mengerjakan tugas kelompok. Murid-murid yang tergabung dalam satu kelompok bisa bekerja lebih terorganisir dengan membuat check-list, mengunduh gambar, dan membagi tugas ke tiap anggota.

Sehingga, tiap anggota mengetahui sampai di mana proses pengerjaan tugas anggota lainnya dan tugas mana yang dibebankan ke anggota A, B, C, seterusnya. Kesalahan koordinasi bisa direduksi.

Unduh di Apple App Store atau Google Play Store.

Sumber : nextren.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)