Apple Patenkan Augmented Reality untuk Identifikasi Kendaraan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 10 Des 2018, 13:20:49 WIB | dibaca : 80 pembacaTeknologi

Apple Patenkan Augmented Reality untuk Identifikasi Kendaraan

Ilustrasi. Foto: GettyImages

Jakarta - Ekspansi aplikasi ride hailing seperti Uber, memudahkan pengguna transportasi bermobilitas. Di sisi lain, muncul tantangan ketika aplikasi harus mencari dan menemukan driver. Nah, paten terbaru yang didaftarkan Apple mencoba menyelesaikan masalah tersebut.

Aplikasi ride hailing pada umumnya mengandalkan maps untuk menunjukkan lokasi pengguna dan driver dengan menggunakan koordinat GPS. Namun tidak semua orang bisa membaca maps dengan efektif.

Masalah yang sama terjadi juga pada driver. Di jam-jam sibuk ketika banyak orang memesan kendaraan secara berbarengan, sulit bagi mereka menemukan titik lokasi calon penumpang.

Dalam paten yang dipublikasikan Lembaga Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, Apple mendaftarkan teknologi yang deskripsinya sebagai berikut: "Interface augmented reality (AR) untuk mengidentifikasi kendaraan yang tiba, menggunakan kombinasi GPS dan pengidentifikasi visual".

Dengan teknologi ini, seperti dikutip dari Gizmochina, Senin (10/12/2018), aplikasi seperti Uber bisa melakukan identifikasi penumpang dan driver dengan lebih efektif.

Berdasarkan deskripsi paten tersebut, teknologi AR ini ibarat melihat game. Secara visual, pada layar akan terlihat kendaraan dan penumpang yang akan melakukan perjalanan

Sistem AR akan memberi informasi model dan warna kendaraan dan mengidentifikasinya dengan kamera belakang.

Sistem serupa juga berlaku bagi driver untuk mengidentifikasi calon penumpang. Jadi penumpang pun tidak perlu menjelaskan dia sedang berada di mana, menggunakan baju apa, dan ciri-ciri fisik lainnya karena informasi tersebut bisa dilihat secara visual oleh driver.

Sejauh ini, belum ada informasi, kapan Apple akan mengaplikasikan paten ini. Sebuah teknologi bisa saja hanya berhenti di paten, atau diwujudkan di masa depan.

 

Sumber : detik.com