Awas, Kosmetik Kadaluwarsa Bisa Sebabkan 6 Masalah Kulit

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 03 Sep 2015, 09:05:37 WIB | dibaca : 309 pembacaKesehatan

Awas, Kosmetik Kadaluwarsa Bisa Sebabkan 6 Masalah Kulit

Ilustrasi kosmetik kadaluarsa

Kosmetik dapat menambah kecantikan alami Anda dan menutupi noda di kulit. Selain itu juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat sampai tahun-tahun mendatang. Namun, Anda harus pandai memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit dan mengaplikasikannya dengan benar untuk mendapat hasil maksimal.

Terpenting, perhatikan tanggal kadaluwarsa produk kosmetik Anda. Pasalnya, alih-alih membuat Anda terlihat tambah cantik, kosmetik kadaluwarsa justru dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan kulit, seperti berikut ini.

1. Peradangan kulit

Mengaplikasikan kosmetik kadaluwarsa dapat membuat kulit meradang dan ini bisa menjadi parah. Peradangan kulit akibat pemakaian kosmetik yang salah, dinamakan dermatitis kontak. Gejalanya kulit iritasi dan gatal, kadang disertai kulit memerah dan bentol.

2. Alergi

Kosmetik yang sudah lewat tanggal berlakunya dapat menyebabkan banyak gejala alergi seperti ruam, bentol, lecet dan bengkak. Ini bisa menjadi infeksi kulit parah yang menyebabkan pembentukan nanah.

3. Guratan pada kulit

Satu lagi harga yang harus dibayar akibat menggunakan kosmetik kadaluwarsa adalah guratan atau bekas luka pada kulit. Alergi kulit, meski sudah diobati biasanya meninggalkan bekas yang butuh waktu cukup lama untuk hilang.

4. Infeksi mata

Kosmetik untuk mata seperti maskara, jika kadaluwarsa,  dapat menyebabkan banyak masalah. Misalnya peradangan dan infeksi. Mata bisa menjadi sangat merah, gatal dan iritasi. Anda juga bisa menderita konjungtivitis (infeksi mata parah).

5. Jerawat

Kosmetik dirancang untuk bekerja dengan cara tertentu. Bila menggunakan kosmetik kadaluwarsa, bahan-bahan tidak bekerja dengan cara yang seharusnya.  Akibatnya, dapat menghalangi pori-pori dan menimbulkan jerawat.

6. Rambut rontok

Penerapan produk perawatan rambut kadaluwarsa pada kulit kepala dan rambut bisa menyebabkan kerusakan seperti rambut rontok, rapuh dan infeksi kulit kepala.

Kadang, tanggal kadaluwarsa di kemasan sudah hilang atau samar-samar. Anda perlu cara lain untuk tahu apakah produk yang Anda pakai sudah lewat waktu atau belum. Mudah saja, jika isi produk sudah berubah bentuk, warna atau bau, itu artinya sudah harus dipensiunkan. Misal, krim wajah sudah mengeras atau lipstik sudah berbau aneh, sebaiknya segera Anda ganti dengan yang baru supaya kulit tetap cantik dan sehat.

sumber : kompas

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)