Beda Sakit Mag, GERD dan Tukak Lambung

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 14 Nov 2017, 14:30:41 WIB | dibaca : 65 pembacaKesehatan

Beda Sakit Mag, GERD dan Tukak Lambung

Meski gejalanya hampir sama namun sakit mag, GERD dan tukak lambung adalah tiga penyakit yang berbeda/Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta, Penyakit mag, GERD dan tukak lambung sebenarnya adalah tiga penyakit yang berbeda. Akan tetapi, sebagian besar orang awam menganggap tiga penyakit tersebut adalah penyakit yang sama. Meski jika dilihat dari gejalanya, ketiganya memang menunjukkan gejala yang sama.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Muhammad Anshory, SpPD atau yang akrab disapa dr Anshory, mag merupakan istilah umum dari penyakit lambung, istilah tersebut berasal dari bahasa Belanda yang berarti "lambung". Penyakit ini bisa terjadi di kerongkongan sampai lambung. Gejalanya atau biasa disebut sebagai sindroma dispepsia berupa nyeri atau rasa tidak nyaman di ulu hati, kembung, mual, muntah, sendawa, rasa cepat kenyang, atau perut terasa penuh.

"Keluhan ini tidak selalu semua ada pada pasien, keluhan bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lain dan berganti-ganti pada tiap orang," terang dr Anshory saat dihubungi detikHealth.

Sedangkan GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease merupakan kondisi di mana adanya refluks (keluarnya) cairan lambung ke dalam esofagus (kerongkongan). Salah satu gejala yang kerap muncul adalah rasa nyeri di daerah dada bagian bawah.

"Berupa rasa nyeri di daerah dada bagian bawah, biasanya dideskripsikan sebagai rasa terbakar, dan kadang dijumpai juga rasa sulit menelan, mual atau rasa pahit di lidah," imbuhnya.

Sementara itu, tukak lambung adalah akibat dari kerusakan lapisan lambung yang terus menerus berlanjut dan menyebabkan luka atau tukak yaitu luka terbuka di lambung. Gejala yang timbul dapat sebagai dispepsia seperti nyeri atau rasa tidak nyaman di ulu hati, kembung, mual, muntah, sendawa, rasa cepat kenyang, atau perut terasa penuh.

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)