Begini Kendala Implementasi 5G di Indonesia

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 23 Agu 2019, 08:44:43 WIB | dibaca : 54 pembacaTeknologi

Begini Kendala Implementasi 5G di Indonesia

Foto: Miguel Benitez/Getty Images

Jakarta - Sejumlah operator seluler Tanah Air telah melakukan uji coba 5G, tapi sepertinya Indonesia belum akan menikmati teknologi jaringan kelima itu dalam waktu dekat. Ada begitu banyak tantangan yang harus dihadapi untuk mengimplementasikan penerus 4G itu.

Country Director Qualcomm Indonesia Shannedy Ong mengatakan, pembahasan soal 5G tidak sebatas perangkat ponsel saja melainkan semua ekosistem pendukung. Sekarang ini ponsel yang mendukung koneksi 5G sudah banyak dibuat oleh OEM, tapi networknya belum tersedia.

"Meski devicenya sudah ada, tapi networknya harus dibangun. Dari tahap frekuensi ditentukan sampai network dibangun oleh operator itu perlu waktu," jelas Shannedy saat ditemui di Jakarta, Rabu (22/8/2019).

Masalahnya, terkait hal itu, pihak regulator belum menyiapkan alokasi sejauh ini. Pemerintah masih menunggu standardisasi frekuensi di konferensi World Radio Communication (WRC) pada akhir Oktober mendatang.

Sejauh ini ada tiga kandidat pita frekuensi yang ideal untuk digunakan untuk 5G, yakni 3,5 GHz, 26 GHz dan 28 GHz. Di Indonesia, tidak semua "bersih" dan bisa langsung digunakan, seperti 3,5 GHz yang masih dihuni oleh satelit untuk televisi, perbankan, dan telekomunikasi.

Ini pula yang membuat Indonesia harus tertinggal dalam penerapan 5G dari negara tetangga. Informasi dari Qualcomm adalah Singapura, Vietnam, Thailand, dan Malaysia tengah merencanakan jaringan 5G komersial pada 2019 dan 2020.

"Regulator di sini sebenarnya sudah melihat dan mengidentifikasi spektrum 5G mana yang cocok untuk Indonesia. Tapi di sini punya permasalahan sendiri dari negara lain. Kita sih berharap mudah-mudahan mereka bisa menyelesaikan kajiannya sehingga dapat segera mengalokasikan 5G," jelas Govermment Affair for South East Asia & Pasific Qualcomm Nies Purwati ditemui di kesempatan yang sama.

 

Sumber : detik.com