BMW Siap Hadirkan Motor Supercharger Bertenaga Listrik

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 23 Agu 2019, 08:36:01 WIB | dibaca : 91 pembacaOtomotif

BMW Siap Hadirkan Motor Supercharger Bertenaga Listrik

Foto: Ilustrasi

JAKARTA - Usai Kawasaki, BMW Motorrad siap mencangkokan teknologi Supercharger di motor terbarunya. Bahkan gambar paten ini telah bocor dan menampilkan BMW superbike bertenaga listrik.

Teknologi bantu induksi wajib ini bukan hal yang baru, karena Kawasaki H2 telah membuktikan dirinya di mata dunia.

Unit overcharger ini pada dasarnya adalah unit kompresor udara yang mampu meningkatkan laju tekanan udara yang ditransmisikan ke mesin pembakaran internal.

Ini memungkinkan lebih banyak gas oksigen untuk memasuki ruang pembakaran, dan menyelesaikan proses pembakaran dengan lebih efisien.

Berbeda dengan Kawasaki H2 yang menggunakan tenaga mesin, unit pengisian daya berlebihan pada BMW S1000RR ini ditenagai oleh tenaga listrik yang dihasilkan dari baterai kecil atau kapasitor.

Berdasarkan gambar paten yang disebarluaskan, model BMW S1000RR yang akan datang akan dilengkapi dengan unit pengisian daya bertenaga listrik seperti yang dijelaskan dalam paragraf di atas, dan itu akan mengurangi kebutuhan akan mesin idle yang lebih tinggi, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar.

Perlu dicatat bahwa tidak banyak model sepeda motor yang menggunakan teknologi induksi paksa dan oleh karena itu harganya tidak semurah yang diharapkan.

Namun, dengan diperkenalkannya superbike dengan bantuan pengisi daya masa lalu ini, pabrikan seperti BMW dapat mempelajari lebih dalam sebelum mengembangkannya ke model sepeda motor yang lebih terjangkau.

 

Sumber : sindonews.com