Bukit Romantis Buat Penikmat Senja di Gunungkidul

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 10 Des 2018, 13:23:30 WIB | dibaca : 68 pembacaWisata

Bukit Romantis Buat Penikmat Senja di Gunungkidul

Gunungkidul - Mau menikmati sunset romantis bareng pasangan di Gunungkidul, ada Shoka Bukit Senja. Dari atas bukit itu tersaji pemandangan sunset dan pantai yang menawan.

Berbicara mengenai tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul seperti tidak ada habisnya, salah satunya seperti spot untuk menikmati mentari terbenam di Shoka Bukit Senja. Berada di perbukitan, spot tersebut akan membuat setiap pengunjung terbius dengan pemandangan sunset dan garis pantai selatan yang terhampar luas ke arah barat.

Untuk mencapai spot yang terletak di Dusun Gabug, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan darat sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta ke arah selatan. Selain dari Kota Yogyakarta, spot tersebut dapat dicapai dengan melakukan perjalanan darat dari Wonosari sejauh 28 km ke arah selatan.

Jalanan menuju bukit (Pradito Rida Pertana/detikTravel)


Memang selisih jarak dari dua tempat tersebut tidak begitu jauh, mengingat Shoka Bukit Senja terletak di perbatasan antara Gunungkidul dan Bantul. Sesampainya di area parkir paralayang Watugupit, pengunjung akan menemui penunjuk jalan menuju spot tersebut. Adapun jarak dari jalan raya menuju spot itu berjarak 500 meter dengan kondisi jalan yang terbuat dari cor semen.

Akan tetapi, setelah menyusuri jalan berbentuk angka 11 sejauh 500 meter itu mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa sunset yang dipadu bentangan garis Pantai selatan. Meski masih dalam proses pengembangan, di Shoka Bukit Senja menyediakan beberapa gazebo dan tempat duduk guna menikmati sunset.

Untuk menikmati makanan dan minuman, tempat tersebut hanya menyediakan satu warung saja. Melangkah lebih jauh di spot tersebut, pengunjung akan mendapati beberapa tempat duduk yang menghadap langsung ke arah barat untuk menikmati sunset.

Di tempat tersebut juga terdapat anak tangga yang terbuat dari bebatuan untuk menuju ke ujung tebing yang berada di bagian bawah bukit. Sama seperti di bagian atas, di bagian bawah bukit tersebut terdapat beberapa tempat duduk lengkap dengan pagar yang terbuat dari kayu untuk sebagai pembatas.

Suasana tenang dipadu hembusan angin laut menambah kenyamanan pengunjung untuk menikmati sunset di Shoka Bukit Senja. Terlebih di spot tersebut pengunjung dapat melihat deburan ombak Pantai selatan yang memanjakan mata. Karena itu, banyak pengunjung yang betah berlama-lama di Shoka Bukit Senja.

Pemandangan dari Shoka Bukit Senja (Pradito Rida Pertana/detikTravel)


Salah satunya adalah Briandola Sangatri (24), warga Logandeng, Playen, Gunungkidul. Diungkapkannya, bahwa ia baru pertama kalinya mengunjungi spot tersebut. Menurutnya, sunset di spot itu sangat menawan dan memanjakan mata.

"Tadi niatnya ke Watugupit, terus lihat ada plakat itu (Shoka Bukit Senja) di pinggir jalan jadi penasaran dan ke sini deh. Ternyata bagus, jadi bisa lihat sunset dan pantai sekaligus," katanya saat ditemui di Shoka Bukit Senja, akhir pekan lalu.

Disinggung mengenai akses jalan ke spot tersebut ia menilai memang agak sempit, namun hal itu terbayarkan dengan sunset yang indah. "Mungkin jalannya ke sini bisa diperbaiki lagi biar mudah, tapi mungkin karena masih baru juga jadinya seperti itu," ujarnya.

Senada dengan Brian, pengunjung lainnya yakni M Setyo Nuswantoro (25), warga Wonosari, Gunungkidul mengungkapkan sunset di spot tersebut terbilang menawan. Meski diakuinya ia bukanlah penikmat sunset.

"Sebenarnya lebih suka ke pantai, tapi karena di sini (Shoka Bukit Senja) katanya bisa lihat pantai dan sunset sekaligus jadi ya ke sini. Sangat bagus, dan suasananya cocok untuk melepas penat dan merenung," katanya disusul gelak tawa.

Pantauan detikTravel, Shoka Bukit Senja masih terkendala kurang lebarnya area parkir yang disediakan. Selain itu akses jalan yang terbuat dari cor semen ada beberapa yang rusak sehingga membuatnya tambah sempit.

 Menikmati senja di bukit (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

 

Sumber : detik.com