Cerita Gita Gutawa di Balik Rekaman Lagu "Mengheningkan Cipta"

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 12 Agu 2017, 13:57:19 WIB | dibaca : 68 pembacaHiburan

Cerita Gita Gutawa di Balik Rekaman Lagu "Mengheningkan Cipta"

Gita Gutawa meluncurkan album berisi lagu-lagu nasional dengan judul Gita Puja Indonesia di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).(KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWAN)

JAKARTA - Penyanyi Gita Gutawa baru saja merilis album bertajuk "Gita Puja Indonesia", yang berisi lagu-lagu nasional dan diaransemen ulang bersama ayahnya, komposer musik Erwin Gutawa.

Di balik proses pembuatan album itu, ada sebuah lagu yang membuat Gita harus bekerja keras. Lagu itu adalah "Mengheningkan Cipta" yang diciptakan oleh T Prawit.

"Lagu itu saya banyak up and down juga. Pas pertama mau rekaman aku kan sudah sering nyanyiin, udah biasa lah ya. Ternyata aku temukan banyak versi lirik," ujarnya di sela tampil showcase di Gedung Galeri Jurnalistik ANTARA, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).

Versi berbeda itu terletak pada kata "Memuja" atau "Memuji". Itu, kata Gita, ia ketahui setelah menelusuri berbagai referensi di dunia maya.

Menurut dia, banyak yang berbeda bahkan ketika memutar lagu itu pada situs video YouTube. Tak mau salah, Gita pun mendatangi Arsip Nasional RI. Sayang, kata Gita, mereka tidak memiliki salinan aslinya.

"Akhirnya aku pas lagi urus soal hak cipta sama papa, aku sekalian nyariin lagu ini lewat versi publishing resminya. Jadi di situ yang benar adalah "memuja"," kata Gita.

"Ini semoga bisa membantu ke semuanya dengan versi yang benar," sambung dia.

Lebih lanjut Gita mengatakan bahwa "Mengheningkan Cipta" adalah lagu nasional terfavoritnya.

"Kalau aku boleh cerita. Lagu "Mengheningkan Cipta" adalah lagu favorit saya karena melodi dan lirik puitis dan menyayat. Senang bisa bikin versi rekaman dibantu papa," kata Gita.

 

Sumber : kompas.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)