Diabetesi Bersahabatlah dengan Paprika, Kenapa?

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 13 Mar 2018, 15:11:59 WIB | dibaca : 123 pembacaKesehatan

Diabetesi Bersahabatlah dengan Paprika, Kenapa?

Tidak semua diabetesi memiliki badan gemuk. Di beberapa negara seperti India, orang dengan diabetes ternyata banyak yang kurus. (Foto: iStockphoto)

Jakarta Bukan tidak mungkin para penderita diabetes (diabetesi) diharap berhati-hati mengonsumsi makanan. Namun, para ahli justru menyarankan agar diabetesi mengonsumsi paprika. Untuk apa? Berikut alasannya.

1. Memperlambat proses cerna karbohidrat dan lipid

Anthocyanin yang hadir dalam paprika menghambat aktivitas 2 enzim pencernaan utama yaitu alfa-glukosidase dan lipase. Enzim alfa-glukosidase membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa, sedangkan lipase pankreas membantu dalam degradasi lemak.

Jika pencernaan karbohidrat dan lipid melambat, konsentrasi gula darah dan lipid juga berkurang, sehingga menurunkan risiko hiperglikemia dan membantu mengendalikan kadar glukosa darah, seperti dikutip dari Merdeka, Senin (12/3/2018).

2. Tinggi zat antioksidan

Dengan peningkatan kadar glukosa darah dan hiperlipidemia, diabetesi lebih rentan terhadap stres oksidatif. Capsicum mengandung kadar phytochemicals tinggi yang berperan sebagai antioksidan kuat.

Senyawa ini mengikis radikal bebas berbahaya yang dilepaskan akibat stres oksidatif dan menurunkan risiko berbagai komplikasi kesehatan akibat diabetes.

3. Rendah kalori

Diabetes berkaitan dengan obesitas. Mengonsumsi paprika yang rendah kalori akan merangsang pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme tubuh. Ini akan mengontrol berat badan dan menjaga kadar gula darah tetap aman terkendali.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Natural Products Research ini menunjukkan paprika kuning lebih baik daripada paprika hijau dalam mengendalikan kadar gula darah pada diabetesi.

Konsumsi paprika juga lebih baik dimasak daripada dimakan mentah, seperti dilansir dari TheHealthSite.

 

Sumber : liputan6.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)