Diet? Ketahui Jumlah Kalori 10 Kuliner Indonesia Terpopuler

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 24 Okt 2015, 13:18:09 WIB | dibaca : 987 pembacaKuliner

Diet? Ketahui Jumlah Kalori 10 Kuliner Indonesia Terpopuler

Gado-gado, kuliner khas Indonesia dengan kalori tinggi

Jakarta Meskipun kebutuhan kalori setiap manusia berbeda-beda tergantung usia, aktivitas, dan berat badan, namun tidak ada salahnya bagi kamu agar mengetahui informasi berikut ini untuk mencegah jumlah kalori menumpuk di dalam tubuh. Berikut ini 10 hidangan Indonesia yang wajib kamu ketahui jumlah kalorinya.

1. Pempek
Seporsi pempek yang terbuat dari tepung sagu, telur, dan minyak mengandung sekitar 240-380 kalori.

2. Gado-Gado
Menu lontong dan sayur-mayur yang disiram bumbu kacang ini mengandung sekitar 488 kalori. Gado-gado mengandung banyak jenis nutrisi di dalamnya.

3. Bakso
Semangkuk bakso daging sapi dengan mie dan pelengkap lainnya mengandung sekitar 325 kalori. Walaupun kalorinya terbilang rendah, jumlah lemak dalam bakso tinggi, lho. Jadi, tetap perhatikan porsimu ya.

4. Nasi Soto Ayam
Semangkuk nasi dengan soto yang ditaburi daging ayam, bihun, dan telur mengandung sekitar 596 kalori. Triknya, kurangi porsi nasi agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

5. Mie Instan
Sebungkus mie instan mengandung sekitar 350-400 kalori. Namun hati-hati, jika kamu makan dua bungkus mie instan sekaligus, ditambah telur dan nasi, ini berbahaya! Karena, kamu dapat mengkonsumsi total 900-1000 kalori.

6. Nasi Campur
Nasi campur di berbagai daerah Indonesia yang bervariasi isinya. Jumlah kalori yang umum ditemukan pada nasi campur adalah sekitar 680 kalori. Nasi campur yang terdiri dari berbagai macam lauk dan sayuran, gizinya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

7. Nasi Goreng
Makanan yang didominasi oleh nasi, daging, telur, dan minyak goreng ini memiliki kalori yang terbilang tinggi, yaitu sekitar 740 kalori! Hindari makan nasi goreng di malam hari agar dietmu berhasil, ya!

8. Nasi Rawon
Nasi rawon mengandung sekitar 680 kalori per porsinya, yang didapat dari daging dan nasi. Ini belum termasuk dengan lauk pendamping rawon seperti tempe goreng, telur asin, dan kerupuk udang.

9. Nasi Pecel
Menu yang didominasi oleh nasi, sayuran dan bumbu pecel ini mengandung sekitar 496 kalori. Tapi kamu tetap harus mengawasi jumlah kalori pada lauk tambahan seperti tempe, telur, dan dadar jagung yang belum termasuk dalam jumlah kalori tadi.

10. Sate Ayam
Seporsi sate ayam yang berisi 10 tusuk sate dan lontong dengan bumbu kacang atau kecap mengandung 681 kalori. Agar tetap ramping, cukup makan 5-6 tusuk sate saja per porsinya dan hindari terlalu banyak mengonsumsi lontong.

Jika Anda mencari atau menyewa layanan jasa konsultan gizi, Seekmi.com memiliki banyak pengalaman dalam menemukan jasa yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan Anda. Daftarkan segera atau hubungi Seekmi untuk mendapatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

sumber : liputan6