Helm Cerdas yang Bisa Jadi Asisten Rider

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 10 Des 2018, 09:46:06 WIB | dibaca : 59 pembacaOtomotif

Helm Cerdas yang Bisa Jadi Asisten Rider

Helm canggih Foto: Pool (MCN)

Jakarta - Biasanya helm itu hanya memiliki fungsi untuk menjadi alat pelindung kepala saat berkendara mengendarai motor. Seiring bergantinya zaman, helm terus bertransformasi untuk lebih mendukung keselamatan berkendara.

Salah satunya helm karya perusahaan dari Taiwan, Jarvish. Perusahaan itu melahirkan helm canggih yang sarat dengan teknologi terkini. Secara resmi Jarvish telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah meluncurkan helm X-Series mereka di Kickstarter.

Dikatakan Jarvish memperkenalkan dua helm, yakni Helm Seri X dan X-AR. Baik helm seri X dan X-AR dikatakan akan dibekali kamera depan 2K built-in, serta speaker built-in dan mikrofon. Jadi Otolovers tak perlu menambah kamera tambahan lagi untuk menangkap gambar saat perjalanan.

Sementara X-AR memiliki bonus tambahan menampilkan kamera belakang dan unit display head-up, yang mampu menampilkan informasi tentang kecepatan, kondisi cuaca dan navigasi, pengaturan melalui aplikasi Jarvish.

Layaknya asisten, helm ini juga mengeluarkan suara seperti Asisten Google, Siri dan Alexa. Sehingga pengguna dapat menanyakan kondisi cuaca dan menghubungkan apa yang ada di smartphone.

Dan yang terpenting, Helm ini disematkan peringatan apabila pengendara melebihi batas kecepatan aman.

Kelebihan lainnya, helm ini dilengkapi dengan kamera belakang, sehingga pengendara bisa melihat situasi tanpa menoleh ke belakang.

"X dan X-AR tidak menggantikan kebutuhan untuk berkendara yang cerdas dan aman. Visi kami adalah untuk meningkatkan pengalaman sepeda motor dengan fitur pintar yang berarti pengendara dapat fokus pada jalan di depan tanpa gangguan," ungkap CEO Jarvish, Jeremy Lu.

Dari penggunaan bahan, Jarvish sudah mengandung full carbon composite untuk mengimbangi penambahan baterai yang bisa tahan sampai 4 jam.

Untuk harga helm X yang lebih murah ini diperkirakan berharga sekitar £ 500 atau sekitar Rp 9 jutaan dan akan tersedia melalui Amazon, sedangkan X-AR baru keluar di tahun 2019 dan diperkirakan harganya £ 1000 atau sekitar Rp 18 jutaan.

 

Sumber : detik.com