Honda Motra, Motor Mini Bukan untuk Anak-Anak

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 08 Nov 2018, 09:43:24 WIB | dibaca : 53 pembacaOtomotif

Honda Motra, Motor Mini Bukan untuk Anak-Anak

Foto: Ridwan Arifin

Jakarta - Selain motor yang berukuran normal, Otolovers mungkin tidak asing lagi melihat motor kecil atau mini. Mungkin stigma masyarakat masih menganggap motor mini hanya untuk anak-anak, namun ternyata tidak sepenuhnya benar lho.

Seperti yang dikatakan Panji salah satu anggota komunitas Indonesia Classic Mini Bike (ICMB) saat ditemui di acara Jakarta Custom Culture 2018 beberapa waktu lalu. Ia mengatakan kalau sebenarnya motor mini yang jenisnya klasik kastanya hampir sama dengan Vespa.

"Kalau motor kecil ini sebenarnya bukan untuk anak-anak, motor kecil ini kastanya hampir sama dengan motor Vespa buatan Italia, soalnya dia sudah ada sejak tahun 1950-an," ungkap Panji kepada detikOto.

Malah ia mengungkapkan bahwa pemilik motor gede terkadang juga memiliki motor kecil.

Memang di sepanjang motor yang dipajang di depan booth Garasi 27 nggak seperti motor yang dijual dengan harga di kisaran Rp 2 sampai 3 jutaan. Mereka kebanyakan motor mini klasik yang edisinya sudah jarang.

Sebut saja ada Honda Motra CT 50 keluaran tahun 1982 - 1983 dan Gyro X sekitar tahun 1993 yang di negara asalnya digunakan sebagai alat angkutan barang. Bentuknya unik namun tangguh pasti menarik perhatian bagi siapapun yang melihatnya.

Panji kemudian meluruskan bahwa memiliki motor kecil sebenarnya tidak melulu untuk anak-anak. "Stigma masyarakat umum kan itu biasanya motor kecil dengan budget Rp 2 sampai Rp 3,5 juta untuk anak-anak yang dijual di mall - mall, tapi sebenarnya kalau ditelusuri lebih lanjut itu motor kecil ini tuanya sama dengan Vespa, cuma nggak in (meledak)di Indonesia sendiri," kata Panji.

Bicara soal harga, Panji pun enggan membeberkan berapa harga motor mini klasik. Namun untuk pemula yang hendak memboyong bisa membeli Honda Gorilla atau Monkey yang berkisar di antara Rp 18 - 25 juta. Selain bisa digunakan untuk jalan-jalan keliling komplek, motor ini juga bisa jadi bahan koleksi ya Otolovers.

 

Sumber : detik.com