Ikan Utuh Harus Disajikan Dalam Santap Malam Imlek, Ini Sebabnya

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 13 Feb 2018, 14:40:33 WIB | dibaca : 81 pembacaKuliner

Ikan Utuh Harus Disajikan Dalam Santap Malam Imlek, Ini Sebabnya

Foto: Istock

Jakarta - Selain kue manis dan sajian istimewa lain, ikan utuh juga wajib dihadirkan dalam santap malam imlek. Ternyata ini karena alasan khusus.

Dalam bahasa China, ikan disebut Yu atau Yoo yang jika diucapkan terdengar seperti sebutan kata "keuntungan". Orang China selalu ingin mendapat surplus atau untung di sepanjang tahun terutama di akhir tahun.

Mereka beranggapan jika memperoleh banyak keuntungan di akhir tahun. Maka mereka bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi di awal tahun.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa jenis ikan yang biasanya disajikan saat tahun baru Imlek. Jenis ikan ini didasarkan pada nama maupun berbagai filosofis lainnya.

Ikan yang biasanya dimasak adalah ikan crucian carp atau sejenis ikan mas. Dalam bahasa China, ikan ini disebut jiyu yang mengandung kata ji yang artinya semoga beruntung. Menyantap ikan ini dianggap bisa membawa keberuntungan di tahun berikutnya.

Ikan berikutnya adalah jenis ikan Chinese mud carp. Ikan ini juga sering disebut ikan bandeng. Dalam bahasa China, ikan ini disebut liyu yang mengandung kata li artinya "hadiah".

Dengan makan ikan bandeng saat Imlek, orang China berharap akan mendapat keberuntungan selama tahun baru.

Satu lagi ikan yang paling sering dijumpai adalah ikan lele. Ikan ini disebut nianyu dan pengucapannya terdengar mirip nian yu yang artinya surplus atau untung.

Selain itu ada aturan yang berlaku saat menyantap ikan. Orang China makan dua ikan, satu dimakan saat malam tahun baru dan satu lagi disantap sehari setelah tahun baru.

Cara makan seperti ini melambangkan harapan untuk mendapat keuntungan dari tahun ke tahun. Jika hanya ada satu ikan maka harus disantap dua kali. Yang pertama bagian kepala dimakan pada malam tahun baru kemudian setengah bagiannya dimakan sehari setelahnya.

Disamping itu, ada juga aturan soal cara makan ikan. Bagian kepala ikan diletakkan dekat orang yang dituakan atau dihormati. Ini sebagai simbol rasa hormat.

Orang yang dituakan ini juga harus menyantap ikan terlebih dulu kemudian baru diikuti anggota keluarga yang lain. Ikan juga tidak boleh digeser dan dipindahkan sesuka hati.

Hidangan ikan bisa dimasak sesuai selera baik itu dibuat sup, dikukus atau dimasak dengan bumbu. Namun olahan yang paling populer adalah dikukus dengan berbagai tambahan bahan seperti kol, cabe, saus cuka ataupun dibuat olahan ikan masak kaldu pedas.

Saat makan ikan ada kalimat yang bisa diucapkan yakni "niannian you yu" yang artinya "Anda selalu mendapatkan lebih dari apa yang dibutuhkan". Juga kalimat "yu yue longmen" yang artinya "semoga sukses dalam ujian."

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)