Ini Akibatnya Jika Tubuh Kekurangan Kalsium

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 25 Jun 2018, 09:37:06 WIB | dibaca : 65 pembacaKesehatan

Ini Akibatnya Jika Tubuh Kekurangan Kalsium

Foto: shutterstock

Jakarta - Masih banyak orang yang menyepelekan asupan kalsium harian. Padahal kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya menjaga kesehatan tulang dan jantung.

Medical Officer Kalbe, dr. Claudia Anggi Citra Putri, mengungkapkan kalsium merupakan salah satu mikronutisi mineral, artinya asupan yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak memiliki asupan kalsium yang cukup setiap harinya.

"Kalsium memiliki fungsi penting untuk tubuh seperti membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat, membantu pembekuan darah yang normal, dan regulasi kontraksi otot termasuk otot jantung," ujar dr. Anggi pada detikHealth.

Apabila tidak mengkonsumsi kalsium dengan cukup, tubuh akan menguras kalsium dari simpanan kalsium yang ada pada tangan, kaki, dan tulang panjang lainnya. Sehingga lama kelamaan tulang akan kekurangan kalsium dan menjadi keropos. Bahkan bisa menyebabkan seseorang mengalami patah tulang.

"Kebutuhan kalsium sebaiknya dicukupi setiap hari dikarenakan metabolisme tubuh berlangsung setiap hari. Jika kebutuhan kalsium tidak tercukupi sampai terjadi defisiensi kalsium, anak bisa terkena riketsia dan meningkatkan risiko osteoporosis (tulang keropos) atau osteomalasia," jelasnya.

Demi memenuhi kebutuhan kalsium harian, pilih makanan dan minuman yang tepat. Selama ini kita mengetahui bahwa sumber kalsium terbaik ada pada susu. Padahal makanan lainnya juga memiliki kandungan kalsium yang baik bagi tubuh.

"Asupan kalsium juga dapat diraih dari bahan-bahan pangan seperti sayuran hijau seperti brokoli, kol, kedelai dan olahannya seperti tempe, tahu, susu, berbagai kacang-kacangan, roti, dan ikan-ikanan. Bahkan beberapa bahan baku olahan pangan sudah difortifikasi kalsium. Hal ini bisa dicek dari nutrition facts yang ada di kemasan," katanya.

Seperti Xon-Ce Drink, minuman ready to drink kalsium pertama di Indonesia yang mengombinasikan vitamin C dan vitamin D serta dibuat tanpa pemanis buatan. Minuman ini juga bisa menjadi alternatif sumber kalsium bagi yang tidak bisa mengkonsumsi susu.

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)