Ini Dia Kopi Rarobang, Racikan Asli Orang Ambon

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 14 Nov 2017, 13:20:25 WIB | dibaca : 39 pembacaKuliner

Ini Dia Kopi Rarobang, Racikan Asli Orang Ambon

Kopi tradisional Ambon, dengan jahe dan taburan biji ketapang diatasnya. (KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

AMBON - Salah satu cara terbaik menikmati sore di Kota Ambon, Maluku ialah menyecap racikan kopi khas, yang bernama kopi rarobang.

Ambon memang bukan penghasil kopi yang terkenal dibanding Toraja dan Gayonya Aceh, tapi Ambon punya racikan kopi yang bisa membuat Anda ketagihan.

Kopi tersebut merupakan modifikasi dari kopi robusta yang diracik dengan jahe putih, madu, dan biji kenari. Sehingga rasa dan teksturnya berbeda, dan layak untuk dicoba.

KompasTravel sempat mencobanya saat berkunjung ke Ambon, dalam acara Culture and Culinary Trip PT JAS Airport Service, di Jalan Said Perintah, Kota Ambon.

Sekilas memang seperti kopi susu yang ditaburi biji kenari. Namun saat diaduk, tidak sekental kopi susu. Selain itu ada ampas jahe dan kopi sedikit, di dasar gelas.

Kalah satu kedai di kawasan Jalan Said Perintah, Kota Ambon yang jadi tempat kumpulan kedai kopi di Ambon.


Setelah diseruput, rasa kopi jahe yang manis pahit hangat, mengobati dahaga sore itu. Serta biji kenari yang renyah, menambah kaya cita rasa kopi rarobang khas Ambon. Manis yang dihasilkan pun berasal dari madu cair, tentunya berbeda dengan manis gula.

"Racikannya masih rahasia, tapi dari jehe putih, kopi, madu, dan kenari. Hampir semua makan minuman Ambon memang manfaatkan biji kenari," terang Lisa, salah satu juru racik di dapur Kafe Sibu-sibu pada KompasTravel, Sabtu (11/11/2017).

Sayangnya kopi ini baru bisa dinikmati di tempatnya langsung. Yaitu deretan kafe kopi di Jalan Said Perintah. Salah satunya di Kafe Sibu-sibu, yang menjual kopi rarobang Rp 19.000.

 

Sumber : kompas.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)