Jangan Takut Anak Bermain Kotor, Ini Manfaatnya

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 10 Agu 2018, 09:54:24 WIB | dibaca : 49 pembacaKesehatan

Jangan Takut Anak Bermain Kotor, Ini Manfaatnya

Menurut immunologist asal Amerika Serikat, alam membentuk anak-anak untuk menghadapi kuman di lingkungan. (istockphoto.com)

Jakarta Tempat kotor identik dengan sarang kuman dan bakteri yang tentunya berbahaya bagi kesehatan, apalagi bila menyangkut lokasi bermain si Kecil. Tapi sebenarnya, bermain kotor juga perlu bagi tumbuh kembang buah hati seperti yang dituturkan Mommy Merry Lim dari Babyologist.

Pernahkah moms melarang si Kecil untuk bermain di tempat kotor? Pastinya, mom tidak ingin buah hati terkena kuman, bakteri, atau pun virus di tempat tersebut. Namun, dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata kotoran justru membantu mengembangkan daya tahan tubuh anak. Awalnya, saya tidak percaya, mom. Namun, konsep kotoran itu bisa menyehatkan ternyata sesuai dengan logika. Beberapa informasi Yang menurut saya masuk akal.

Hubungan Kotoran dan Daya Tahan Tubuh

Sulit untuk percaya dan melepaskan si Kecil untuk bermain kotor, mom. Apalagi, di pikiran saya sudah tertanam bahwa kotoran jahat untuk tubuh. Namun, sebenarnya kotoran punya banyak manfaat untuk si Kecil. Menurut immunologist asal Amerika Serikat, alam membentuk anak-anak untuk menghadapi kuman di lingkungan. Bahkan, masuknya kuman ke dalam tubuh si Kecil bisa menjadi stimulan sistem imun tubuh supaya bekerja lebih aktif.

Bahkan, menurut penelitian terbaru yang saya baca, anak-anak yang hidup di lingkungan terlalu higienis dan jarang bersentuhan dengan kotoran berpotensi lebih tinggi terserang penyakit dan alergi. Ini disebabkan sistem imun anak yang tinggal di lingkungan higienis tidak dapat mengenali kuman, bakteri, dan virus yang menyerangnya, Mom. Bahkan, sistem imun tubuhnya rawan menyerang hal-hal baik yang masuk ke dalam tubuh.

Mencari Kotoran Baik

Walau bermain kotor itu baik untuk perkembangan daya tahan tubuh anak, Mom juga sebaiknya tidak membiarkan si Kecil bermain sembarangan. Beberapa cara yang bisa Mom lakukan supaya kebutuhan untuk berinteraksi dengan kotoran baik tetap terpenuhi.

  • Pastikan tanah atau tempat si Kecil akan bermain terbebas dari bahan-bahan kimia.
  • Biarkan si kecil merangkak ataupun berjalan ke tempat tersebut tanpa alas kaki.
  • Pastikan ia tidak menelan benda asing dan hal kotor yang ditemukannya.
  • Selalu bersihkan tubuh si Kecil dengan menyeluruh setelah selesai bermain.

Selain mengajaknya bermain kotor-kotoran, Moms juga perlu mengimbanginya dengan memenuhi asupan nutrisi si Kecil agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga.Salah satunya dengan makanan yang mengandungan Protein, Seng, Zat Besi, Vitamin A, dan nutrisi lainnya membantu si Kecil tetap aktif saat mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Jadi, Mom tidak perlu khawatir lagi ketika si Kecil bermain kotor-kotoran.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber : liputan6.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)