Kado Porsche untuk Pencinta Balapan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 11 Okt 2018, 10:18:46 WIB | dibaca : 37 pembacaOtomotif

Kado Porsche untuk Pencinta Balapan

Porsche 935 (Foto: Porsche)/detikOto

California - Porsche meluncurkan unit mobil balap terbaru yakni Porsche 935. Mobil balap ini hanya tersedia 77 unit saja. Mobil diluncurkan pada Rennsport Reunion VI di WeatherTech Raceway Laguna Seca di California.

Mobil ini diluncurkan sebagai bentuk penghormatan kepada 935/78 yang legendaris sekaligus perayaan ulang tahun Porsche yang ke-70.

"Mobil spektakuler ini adalah hadiah ulang tahun dari Porsche Motorsport kepada penggemar di seluruh dunia," kata Wakil Presiden Motorsport Porsche AG Frank-Steffen Walliser, dalam keterangannya.

"Karena mobil tidak perlu mengikuti homologasi, insinyur dan desainer kami tidak harus mengikuti aturan yang biasa dan dengan demikian memiliki kebebasan dalam pengembangan," tambahnya.

Sebagai produsen mobil balap yang sempat sukes di Le Mans bersama Porsche 935/78, kala itu fans menyebutnya dengan panggilan "Moby Dick" yang diadopsi dari film sebagai paus yang buas,karena bentuknya yang memanjang, fairing besar,warna dasar putih, dan tentunya mesin yang buas.

Hal tersebutlah yang juga mendorong Porsche untuk melahirkan kembali adik dari Moby Dick di abad ke-21, sebagai bentuk penghormatan kepada 935/78.

Namun ternyata tidak hanya mengadopsi 935/78 saja, generasi terbaru 935 juga mengikuti jejak rekam pendahulunya. Ventilasi udara, lengkung roda yang khas pada fender depan, yang juga merupakan fitur pada kendaraan balap Porsche 911 GT3 R.

Dengan adopsi tersebut dapat meningkatkan downforce di as roda depan. Yang berukuran 75,2 inci (1909 milimeter) dengan lebar 15,8 inci (400 milimeter, fungsi sayap belakang pun sudah aerodinamis yang dapat meningkatkan keseimbangan saat berada di kecepatan tinggi.

Darah balap pun juga terasa pada 935 seri terbaru ini, pasalnya beberapa suku cadang diambil dari mobil balap sungguhan. Pada lampu belakang yang sudah LED diadopsi dari mobil balap 919 Hybrid LMP1, spion berasal dari 911 RSR Le Mans, sedangkan knalpot yang terbuat dari titanium dicomot mereka dari Porsche 908 tahun 1968.

Dari dalam kokpit, knop pada tuas persneling memiliki desain kayu laminasi dan mengingatkan pada mobil balap Porsche yang bersejarah seperti 917 dan Bergspyder 909 serta mobil sport super Carrera GT yang legal di jalanan.

Keamanan tingkat maksimum juga disematkan pada mobil ini, sudah terdapat roll cage dan sabuk pengaman dengan enam titik yang biasa dijumpai pada mobil balap. Uniknya, meski mobil untuk balapan, pengemudi mendapatkan pendingin udara (AC) serta bangku opsional yang bisa digunakan untuk penumpang.

Bicara soal dapur pacu, mobil didukung oleh mesin 3.800 cc flat-6 twin turbo andalan 911 GT2 RS dengan tenaga 700 PS dan girboks kopling ganda Porsche Doppelkupplung (PDK) 7 percepatan. Sama seperti pada model produksi seperti 911 GT2 RS dan GT3 RS, pengemudi dapat mengganti transmisi melalui paddle shift yang ditempatkan dengan nyaman di roda kemudi.

Seperti 911 GT2 RS dan 935 yang legal untuk jalanan, sudah dilengkapi dengan PSM (Porsche Stability Management) termasuk kontrol traksi serta sistem pengereman anti-lock (ABS).

Porsche 935 sudah dapat dipesan dengan harga Rp 12 miliar. Di AS, kendaraan tidak legal di jalanan ini akan diimpor dan dijual oleh Porsche Motorsport Amerika Utara Carson, California. Pelanggan akan menerima kendaraan mereka mulai Juni 2019 secara eksklusif.

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)