Karena Daan Mogot, Bukan Cuma Nama Jalan...

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 11 Okt 2018, 13:22:53 WIB | dibaca : 30 pembacaWisata

Karena Daan Mogot, Bukan Cuma Nama Jalan...

Foto: Monumen Palagan Lengkong (Shinta/detikTravel)

Tangerang - BSD City, Tangerang Selatan bukan cuma perumahan. Di sana ada monumen perjuangan Mayor Daan Mogot, yang orang cuma tahu itu sebagai nama jalan.

Di jantung kota BSD, tepatnya seberang BSD Plaza dekat perumahan Damai Indah Golf, Tangerang Selatan, terdapat monumen bersejarah Indonesia. Monumen Palagan Lengkong namanya. atau sering disebut Monumen Lengkong. detikTravel berkunjung ke sana Rabu (10/10/2018) kemarin.

Jalan menuju Monumen Lengkong (Shinta/detikTravel)


Bisa dibilang, monumen ini hampir terlewatkan di tengah hiruk-pikuk BSD. Lokasinya memang strategis, namun tertutup beton dan gundukan rumput. Cukup mudah mencarinya, dari Mc Donald"s belok kiri, ada di turunan sebelah kiri jalan.

Monumen ini dibuat untuk mengenang peristiwa Lengkong tanggal 21 Januari 1946 silam. Dahulu, Mayor Daan Mogot memimpin puluhan taruna akademi untuk melucuti senjata tentara Jepang karena kekalahannya. Awalnya berjalan mulus, namun tiba-tiba ada ledakan dan gugurlah 34 taruna dan 3 perwira, yakni Mayor Daan Mogot, Letnan Soebianto dan Letnan Soetopo.

Tulisan di badan monumen (Shinta/detikTravel)
 
Daan Mogot (Dok. Ilustrator detikcom)



Saat dikunjungi detikTravel pada siang hari, monumen ini sepi pengunjung. Hanya ada petugas kebersihan yang menjaga taman sekitar seperti menyapu dan memotong rumput.

"Jarang ada orang ke sini. Biasanya sih ada, orang dari Jakarta ke sini, cuma sekarang sudah jarang," kata Hamdan, salah satu petugas yang ada di lokasi.

Menurut Hamdan, di Monumen Lengkong juga jarang ada petugas pemerintah yang datang. "Jarang juga, paling ya bersih-bersih saja (petugas). Tuh, ada beberapa di sini," sembari menunjuk beberapa orang yang menyapu sekitar taman.

Suasana monumen yang asri (Shinta/detikTravel)


Monumen ini menempati lahan seluas 500 meter persegi. Di atasnya, berdiri bendera Merah Putih yang berkibar.

Selain itu, di sebelah monumen juga terdapat rumah tua. Rumah ini terkunci, dengan tulisan "Cagar Budaya Monumen Palagan Lengkong". Selain itu, ada juga penjelasan sejarah mengenai Peristiwa Lengkong.

Suasana sekitarnya pun hijau nan asri. Sangat asyik untuk dikunjungi pada saat berakhir pekan ataupun hari biasa ketika sore hari. Bisa jadi alternatif wisata sejarah di hidden gem Tangerang Selatan nih!

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)