Kopenhagen Punya Putri Duyung

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 10 Agu 2018, 13:28:33 WIB | dibaca : 83 pembacaWisata

Kopenhagen Punya Putri Duyung

Patung Si Putri Duyung di Denmark yang ikonik (Uyung/detikTravel)

Kopenhagen - Jika Singapura punya ikon Merlion, maka ibu kota Denmark Kopenhagen punya ikon juga, yaitu patung Si Putri Duyung. Patung mungil ini sudah difoto jutaan kali.

Sebagaimana Jakarta punya Monas dan Singapura punya Merlion, Kopenhagen di Denmark juga punya ikon kebanggaan. Patung legendaris Little Mermaid di pesisir barat menjadi destinasi wajib para turis yang datang ke Kopenhagen.

Tapi jangan dibayangkan ukurannya sebesar Patung Liberty di New York ya. Patung ini sesungguhnya terbilang sangat mungil, sehingga para turis harus mendekat agar bisa selfie bareng si putri duyung.

Bahkan jika tidak ada kerumunan turis yang antre untuk berfoto, mungkin tidak banyak juga yang menyadari keberadaan patung perunggu yang terpahat di atas tumpukan batu kali ini.

Kopenhagen Punya Putri Duyung


Sebagaimana tertulis di papan petunjuk, patung ini dibuat oleh seniman Edward Eriksen dan mulai ditampilkan untuk umum pada 1913. Sosok putri duyung yang menginspirasi patung ini berasal dari dongeng klasik Little Mermaid karangan Hans Christian Andersen, seorang penulis terkenal asal Denmark.

Sepanjang sejarah keberadaannya di pesisir pelabuhan Langelinie promenade, Kopenhagen, patung Little Mermaid beberapa kali menjadi korban aksi vandalisme. Tercatat 3 kali ia kehilangan kepala, 1 kali kehilangan tangan, 5 kali disiram cat, dan satu kali diledakkan hingga terlempar dari posisinya.

Kopenhagen Punya Putri Duyung


Sebagai ikon Kota Kopenhagen, patung ini disebut-sebut sebagai patung yang paling sering difoto di Denmark. Dalam setahun, diperkirakan ada sekitar 5 juta foto yang menampilkan patung Litte Mermaid.

Nah yang tidak banyak orang tahu, ada patung lain tak jauh dari lokasi patung Little Mermaid yang asli. Patung "kembaran" Little Mermaid karya seniman Bjorn Norgaard ini diberi nama "The Genetically Modified Little Mermaid".

Posenya sama persis dengan Little Mermaid yang asli. Sama-sama duduk manis di atas tumpukan batu kali. Tapi ya namanya juga "modifikasi genetik", bentuknya mengalami sedikit perubahan. Entah apa maksud sesungguhnya, putri duyung versi Norgaard di sini jadi lebih mirip mutan atau mungkin alien.

Kopenhagen Punya Putri Duyung

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)