Lakukan Ini Jika Matahari Tak Terlihat di Pagi Hari

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 20 Okt 2015, 13:50:21 WIB | dibaca : 589 pembacaKesehatan

Lakukan Ini Jika Matahari Tak Terlihat di Pagi Hari

Matahari pagi baik untuk kesehatan

Jakarta - Matahari jarang terlihat begitu musim hujan tiba. Sedangkan manusia membutuhkan sinar matahari untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, manusia pun tidak bakal mendapat manfaat dari sinar matahari di pagi hari.

Ahli bedah anak dan konsultan di Alder Hey Childrens Hospital, Liverpool, Inggris, Sarah Almond mengatakan, paparan cahaya dari lampu dapat mengatasi semua masalah itu selama musim hujan atau musim dingin. Sebab, cahaya dari lampu meniru cahaya dari matahari.

Hal senada juga diungkapkan konsultan neuropsychiatrist di London Sleep Centre, Irshaad Ebrahim yang merekomendasikan menggunakan lampu selama 30 menit setiap pagi untuk individu yang tidak mendapat kualitas tidur yang baik di malam hari selama musim dingin.

"Sinar dari lampu sama seperti sinar matahari yang membantu memicu produksi hormon melatonin, yang membantu mengatur suasana hati dan pola tidur kita," kata Irshaad dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (20/10/2015).

Sinar matahari, kata Irshaad dan Sarah, dapat merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Vitamin ini dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus, dan juga dapat menguatkan tulang. Selain itu, sinar matahari pun berguna mengatasi depresi, tingkatkan sirkulasi darah, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Maka itu, sayang sekali jika manusia tidak mendapat paparan sinar matahari di pagi hari.

sumber : liputan6