Makanan Sehari-hari Penurun Kadar Gula Darah

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 16 Okt 2018, 09:27:33 WIB | dibaca : 44 pembacaKesehatan

Makanan Sehari-hari Penurun Kadar Gula Darah

Ilustrasi telur (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)

Jakarta - Diabetes merupakan salah satu gangguan kronis yang paling banyak diderita. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh lain seperti jantung dan ginjal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat peningkatan angka kasus diabetes dari 108 juta pada tahun 1980 menjadi 422 juta pada 2014 lalu. Prevalensi global diabetes pada usia dewasa meningkat hampir dua kali lipat dalam kurun waktu tersebut.

Di Indonesia, Riset Kesehatan Dasar (2013) mencatat prevalensi diabetes sebesar 6,9 persen. Angka itu meningkat dari Riskesdas 2007 sebesar 5,7 persen.

Rajin memantau kadar gula darah adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah diabetes. Namun, di luar itu, menurunkan kadar gula darah juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan.

Ada beberapa makanan sehari-hari yang mampu membantu penurunan kadar gula darah.

1. Telur
Tak cuma dikenal karena kandungan proteinnya, mengonsumsi telur dua kali dalam sehari disebut mampu menurunkan kadar gula darah.

Mengutip Daily Star, ahli nutrisi, Franziska Spritzler mengatakan, menu sarapan pada umumnya meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Tomat
Tomat memiliki tingkat indeks glikemik (GI) yang rendah. Tomat juga telah terbukti mampu mengurangi kadar gula darah.

Sebuah penelitian menemukan, mengonsumsi 200 gram tomat mentah setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah dan risiko gangguan jantung yang diasosiasikan pada diabetes tipe-2.

Tomat juga mengandung likopen, antioksidan yang mampu menjaga kesehatan jantung.

3. Mentimun
Mentimun dapat membantu penderita diabetes tipe-2 untuk mengurangi kadar gula darah.

"Mengonsumsi banyak serat seperti yang ada di dalam mentimun dapat menurunkan kadar gula darah," tulis Diabetes Council. Serat dapat memperlambat tubuh mencerna karbohidrat dan gula.

Tambahkan beberapa potong mentimun untuk makan siang Anda untuk menangkal diabetes.

4. Alpukat
Mononsaturated fatty acids (MUFA) merupakan salah satu kandungan nutrisi yang ada dalam alpukat. MUFA berperan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan berdampak baik pada penurunan kadar gula darah.

Mengutip Healthline, penelitian menunjukkan bahwa alpukat bisa menurunkan risiko sindrom metabolis yang mampu menurunkan kadar gula darah sekaligus risiko diabetes.

5. Bawang putih
Bawang putih berpotensi untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Laporan menunjukkan asupan bawang putih mampu menurunkan glukosa, sekaligus menimbulkan efek positif pada kadar gula darah.

Bawang putih juga diketahui tak memiliki indeks glikemik (GI) yang membuatnya tak akan mampu meningkatkan kadar gula darah.

 

Sumber : cnnindonesia.com