Mencicipi Harum dan Lembutnya Nasi Lemak Medan di Jakarta

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 12 Agu 2017, 15:03:06 WIB | dibaca : 50 pembacaKuliner

Mencicipi Harum dan Lembutnya Nasi Lemak Medan di Jakarta

Seporsi nasi lemak ayam rendang, di kedai Nasi Lemak Gandaria.(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

JAKARTA - Salah satu kuliner nasi khas Nusantara yang tersohor di Pulau Sumatera ialah nasi lemak. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, sensasi nasi lemak bisa dinikmati di beberapa kedai masakan Medan.

Nasi lemak khas Medan merupakan salah satu jenis nasi gurih khas Nusantara. Ciri khasnya hampir mirip dengan nasi uduk di Jakarta yang gurih dan harum. Salah satu kunci bahan utamanya ialah santan kelapa murni.

Salah satu tempat kuliner Medan yang ada di Jakarta ialah Nasi Lemak Medan Bang Salim. Di kedai ini Anda bisa mencoba beberapa menu khas Medan seperti aneka nasi lemak, lontong medan, dan beberapa varian lainnya.

Shanti, salah satu pramusaji Nasi Lemak Medan Bang Salim menyebutkan bahwa menu favorit pelanggan di kedai tersebut ialah nasi lemak rendang daging. Namun tersedia juga berbagai lauk lainnya seperti telur balado, udang, dan rendang ayam.

Hidangan yang KompasTravel cicipi ialah nasi lemak komplit ayam rendang. Dalam satu set hidangan, tersaji nasi lemak dengan taburan bawang goreng, irisan telur dadar, keripik kentang balado, tempe orek, perkedel, sambal, timun, dan emping.

Aneka lauk yang disertakan dalam seporsi nasi lemak medan, di kedai Nasi Lemak Medan Gandaria.


Aroma gurihnya santan menyeruak ketika nasi lemak nan hangat tersebut dibelah. Bagi penggemar nasi uduk, nasi lemak ini punya ciri yang sangat mirip. Nasinya lembut tidak pecah, dan berwarna putih sedikit kusam atau warna tulang sebagai tanda resapan bumbu di dalamnya.

Bumbu rendang dalam ayam sebagai lauk utamanya begitu meresap. Namun sayang, ayam sudah tidak hangat dan sedikit keras. Anda bisa memilih bagian ayam yang disediakan.

Bumbu rendang yang digunakan begitu terasa rempahnya. Aroma jinten, cengkeh, dan pedasnya jahe tercampur bersama gurihnya nasi lemak.

Bagi yang ingin mencobanya, kedai Nasi Lemak Medan Bang Salim terdapat di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta. Antara lain di Gandaria City, FX Sudirman, dan SCBD.

Untuk harga satu porsi nasi lemak medan berkisar Rp 36.000 hingga Rp 45.000. Nasi lemak komplit rendang ayam dibanderol Rp 39.000 per porsi.

 

Sumber : kompas.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)