Mengambil Manfaat Kesehatan dari Buah Rambutan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 06 Des 2018, 09:30:22 WIB | dibaca : 35 pembacaKesehatan

Mengambil Manfaat Kesehatan dari Buah Rambutan

Ilustrasi rambutan (Istockphoto/Isarapic)

Jakarta - Jangan remehkan keberadaan buah tropis yang satu ini. Memiliki kulit tebal dan rambut kasar, rambutan menyimpan daging buah dengan rasa manis, penuh air, dan menyegarkan di dalamnya.

Buah dengan nama latin Nephelium lappaceum ini diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Dalam 100 gram rambutan, terdapat 84 kalori, 40 persen vitamin C, dan sekitar 28 persen zat besi.

Namun, angka-angka tersebut hanya segelintir nutrisi yang dimiliki rambutan. Masih banyak nutrisi lain yang bisa Anda ambil manfaatnya dari rambutan. Berikut merangkum berbagai sumber.

1. Antidiabetes
Tak hanya dagingnya yang bisa dinikmati, tapi Anda juga bisa mencicip kulit rambutan. Sebuah studi di China menyebutkan bahwa kulit rambutan mengandung komponen antidiabetes.

Dalam studi tersebut, beberapa ekor tikus diabetes diinduksi dengan ekstrak fenolik dari kulit rambutan. Hasilnya menunjukkan adanya penurunan kadar glukosa darah.

2. Atasi "morning sickness" ibu hamil
Selama masa kehamilan, ibu kerap mengalami pusing dan mual. Rambutan bisa jadi salah satu solusi untuk meredakan morning sickness ini karena rasanya yang manis.

Selain itu, kandungan zat besi pada rambutan bisa membantu ibu hamil untuk melawan rasa letih dan pusing serta meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

3. Cegah kanker
Ingin cegah kanker dengan mudah dan murah? Jawabannya adalah rajin mengonsumsi rambutan.

Buah yang satu ini tinggi akan kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri diketahui mampu memerangi inflamasi dan melindungi sel tubuh.

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh pun mampu dinetralisir oleh vitamin C dari rambutan. Berdasarkan studi, kulit rambutan dapat mengganggu pertumbuhan sel kanker. Bahkan, ia juga bisa digunakan sebagai obat kanker hati.

Cukup makan lima buah rambutan, maka Anda bisa menurunkan risiko penyakit kanker.

4. Rawat kesehatan kulit
Konsumsi rambutan secara rutin mampu meningkatkan kesehatan kulit. Rambutan dapat menjaga kelembapan kulit. Kandungan mangan serta vitamin C di dalamnya mampu membantu meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, biji rambutan pun diketahui mempunyai manfaat, apalagi jika dijadikan sebagai masker. Kulit pun akan lebih cerah dan lembut.

5. Kuatkan tulang
Tulang kuat tak hanya didapat dari konsumsi produk susu. Rambutan pun bisa menguatkan tulang karena kandungan fosfornya. Fosfor membantu pembentukan dan menguatkan tulang.

6. Tingkatkan kesuburan
Vitamin C penting untuk pembentukan sperma pada pria. Dengan alasan itu, tak heran jika rambutan dipercaya untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Konsumsi sebanyak 10-12 buah rambutan bisa memenuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh.

 

Sumber : cnnindonesia.com