Mengenal Pulau Bulan Sabit di Kutub Selatan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 11 Feb 2019, 14:32:35 WIB | dibaca : 77 pembacaWisata

Mengenal Pulau Bulan Sabit di Kutub Selatan

Foto: (iStock)

Half Moon Island - Kutub Selatan merupakan misteri, tiap sudutnya punya cerita tersendiri. Salah satunya adalah Half Moon Island alias Pulau Bulan Sabit.

Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Senin (11/2/2019) Half Moon Island merupakan bagian dari South Shetland. Lokasinya, ada di bagian utara Kutub Selatan.

Half Moon Island punya luas 171 hektar. Kontur tanahnya hanya bebatuan, lumut, salju dan es. Namanya juga di kawasan Kutub Selatan, artinya sepanjang tahun suhunya begitu dingin.

Half Moon Island adalah pulau yang tidak ada manusianya. Meski begitu, di bagian baratnya terdapat Camara Naval Base, suatu basis penelitan yang didirikan para ilmuwan dari Argentina. Didirikan tahun 1953, stasiunnya biasa didatangi para peneliti di musim panas.

Half Moon island yang terlihat dari Google Maps (Google Maps)


Penghuni asli Half Moon Island adalah para penguin, anjing laut dan berbagai koloni burung. Bahkan, jumlah penguin di pulaunya mencapai angka 3.000 ekor!

Half Moon Island yang semuanya tampak putih (iStock)


Bisakah turis datang ke Half Moon Island? Jawabannya, ternyata bisa!

Kapal pesiar yang berlayar dengan rute ke Antartika, pasti melintasi Half Moon Island. Turis diizinkan turun ke pulaunya, akan tetapi harus bersama pemandu dan amat ketat aturannya perihal pelestarian lingkungan.

Turis di Half Moon Island (iStock)


Di beberapa waktu tertentu, Half Moon Island ditutup alias tidak dikunjungi. Meski tidak masuk kekuasaan negara manapun, Half Moon Island dijaga oleh 12 negara yang menandatangani Antarctic Treaty System. Itu suatu semacam Perjanjian Antartika sejak tahun 1959 yang dilakukan oleh 12 negara. Isinya menjaga Kutub Selatan untuk kepentingan penelitian.

Bagi para fotografer, Half Moon Island bagaikan surga untuk memotret bentang alam dan keindahan Kutub Selatan. Bagi para peneliti, mereka dapat meneliti kehidupan koloni penguin sampai burung.

Bagi para traveler, Half Moon Island adalah suatu destinasi yang paling tidak... Paling tidak, bisa menapakan kaki di sana sekali seumur hidup.

(iStock)

 

Sumber : detik.com