Mudah Sekali Memulai Gaya Hidup Sehat Bebas Kolesterol

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 13 Feb 2018, 13:57:31 WIB | dibaca : 85 pembacaKesehatan

Mudah Sekali Memulai Gaya Hidup Sehat Bebas Kolesterol

Kiat Makan Gorengan Tanpa Takut Kolesterol Tinggi (Miki Studio/Shutterstock)

Jakarta Memiliki tubuh sehat dan bebas kolesterol merupakan impian setiap orang. Tak heran, banyak yang berkeinginan untuk segera memulai gaya hidup sehat di tahun ini. Anda salah satunya?

Tidak perlu terburu-buru. Agar gaya hidup sehat yang Anda lakukan benar-benar bermanfaat mengusir kolesterol jahat dari dalam tubuh, berikut empat cara yang perlu dilakukan untuk memulainya:

1. Motivasi diri

Bebas kolesterol, artinya bebas penyakit jantung, stroke dan diabetes. Ingatlah kata-kata tersebut, agar Anda lebih termotivasi.

Anda pun dapat menuliskan kata-kata tersebut pada selembar kertas berukuran besar, untuk kemudian ditempel di dinding atau tempat yang mudah terlihat. Dengan demikian, ketika melihat tulisan tersebut, Anda akan langsung termotivasi.

2. Ajak keluarga

Ingin mulai hidup sehat, tentu harus bersama keluarga. Buatlah komitmen bersama,misalnya menghindari konsumsi gorengan dan makanan cepat saji.

Komitmen sederhana seperti itu akan menjadi kebiasaan, yang bila dilakukan secara konsisten akan menjauhkan bahaya kolesterol dari Anda sekeluarga.

3. Singkirkan godaan

Singkirkan kue-kue, manisan, dan minuman manis dari meja kerja. Ganti dengan camilan yang lebih sehat, misalnya yang mengandung plant stanol ester.

Hindari melintas di sekitar restoran cepat saji favorit, atau pedagang gorengan langganan. Jangan meremehkan godaan, sekali jatuh akan sulit untuk bangkit lagi.

4. Beri penghargaan

Ketika berhasil menerapkan gaya hidup sehat dalam sebulan pertama, Anda dapat memberi penghargaan pada diri sendiri. Misalnya dengan membeli sepatu olahraga baru, alat pengukur tekanan darah, atau barang yang sudah Anda incar sejak tahun lalu.

Jika Anda belum punya gambaran tentang gaya hidup sehat seperti apa yang harus dilakukan. Berikut contoh yang dapat diikuti:

Teratur periksa kolesterol

Tindakan ini bertujuan untuk memantau kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), kolesterol total, dan trigliserida di dalam tubuh Anda.

Awasi asupan dan pola makan

Agar tubuh bebas kolesterol, Anda diwajibkan untuk memiliki pola makan yang baik dan terstruktur.

Pola makan yang baik dapat dilakukan dengan menghindari makanan cepat saji, gorengan, daging berlemak, ataupun makanan yang berlemak lainnya. Sedangkan untuk pola makan terstruktur, Anda wajib membatasi segala yang dimakan, apa pun jenisnya.

Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol dapat membuat kadar kolesterol di dalam tubuh Anda melonjak.

Giat berolahraga

Olahraga rutin adalah cara tepat untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kendalikan berat badan dan hindari stres

Sama halnya dengan rokok dan minuman beralkohol, berat badan berlebih dan stres juga dapat menyebabkan lonjakan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Awasi tekanan darah Anda

Jika tekanan darah Anda tinggi, maka kadar kolesterol di dalam tubuh juga tinggi. Lakukan pemeriksaan secara berkala, agar kondisi ini tidak terjadi pada Anda.

Lengkapi dengan konsumsi plant stanol ester

Plant stanol ester yang sudah dikemas dan dijual bebas di pasaran sangat baik untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Mulailah tahun ini dengan menerapkan gaya hidup sehat bebas kolesterol. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit jantung maupun penyakit berbahaya lainnya.

 

Sumber : liputan6.com