Piala Presiden 2015: 5 Fakta Menarik Persib vs Persiba

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 02 Sep 2015, 10:01:23 WIB | dibaca : 493 pembacaOlahraga

Piala Presiden 2015: 5 Fakta Menarik Persib vs Persiba

Persib VS Persiba di Piala Presiden 2015

Jakarta - Persib Bandung akan menjamu Persiba Balikpapan dalam partai Grup B Piala Presiden 2015, Rabu (2/9/2015) di Stadion Jalak Harupat, Bandung. Bagi "Maung Bandung" -julukan Persib- ini adalah laga pertama mereka di turnamen Piala Presiden.

Lebih lanjut, ini adalah pertemuan pertama kedua tim setelah keduanya terpisah di musim kompetisi 2013/14. Persib ada di wilayah barat sementara Persiba Balikpapan berjuang di wilayah timur.

1. Lawan Tangguh Buat Persib

Jelang laga ini, pelatih Persib, Djajang Nurdjaman (Janur) berujar, Persiba bukan tim yang patut untuk diremehkan meskipun Persib berstatus juara Liga musim lalu.

Perkataan Janur itu terbukti benar. Pasalnya, dari 11 pertemuan terakhir kedua klub sejak Oktober 2008, Persib baru menang empat kali, dan kalah lima kali. Sementara, empat laga berakhir imbang.

Kemenangan terakhir Persib atas Persiba terjadi pada musim 2010. Kala itu, Persib menang besar 5-1. Kemenangan terbesar yang pernah diraih Persib atas Persiba dalam 11 pertemuan terakhir.

Dari 11 pertemuan itu pun, Persiba ternyata tidak hanya jago di kandang sendiri melainkan juga di kandang Persib. Tercatat, dari lima kemenangan tim Beruang Madu atas Persib, dua di antaranya diraih di markas Persib Bandung.

2. Memori I Made Wirawan

Persiba Balikpapan punya tempat khusus di hati kiper Persib, I Made Wirawan. Ya, sebelum bergabung dengan Persib, I Made Wirawan pernah membela Persiba selama lima musim.

I Made mulai membela Persiba dari 2007 hingga 2012. Di awal karirnya bersama Persiba, Wirawan sempat diragukan.

Namun perlahan Wirawan sukses memahat namanya di hati suporter Persiba. Total, I Made tampil 139 kali buat Persiba sebelum akhirnya pindah ke Persib Bandung.

3. Tim Kalimantan Paling Tangguh Buat Persib

Lima kemenangan Persiba Balikpapan atas Persib dalam 11 pertemuan terakhir menjadikan Persiba sejauh ini tim Kalimantan paling sulit dikalahkan Persib. Seperti diketahui, Kalimantan punya tiga tim di Liga Super: Persiba, Barito Putera, dan Pusamania Borneo FC.

Barito Putera dari  empat pertemuan terakhir tidak pernah menang atas Persib. Barito hanya pernah menahan imbang Persib di Liga Super musim 2012/13 dengan skor 2-2.

Sementara itu, Pusamania sama sekali belum pernah bertemu Pesrib mengingat kedua tim terpisah pembagian wilayah. Lagipula, Pusamania baru berdiri pada 2014.

4. Tanpa Pemain Asing

Bagi Persiba Balikpapan, ini adalah tes berat buat mereka. Pasalnya, untuk pertandingan kali ini, Persiba tidak memakai satu pun pemain asing lantaran terkendala masalah administrasi.

Di musim lalu, Persiba sendrii memakai tiga pemain: Roman Golian, Antonio Teles, dan Ansou Toure. Ketiganya menjadi pilar penting buat Persiba di musim lalu.

5. Laga Banjir Kartu

Laga antara Persib vs Persiba bisa dibilang laga sarat tensi. Pasalnya, dari 11 pertemuan terakhir, kedua tim menghasilkan 41 kartu kuning dan lima kartu merah.

Ini berarti, kedua tim rata-rata menghasilkan 3,7 kartu kuning dan 0,45 kartu merah di tiap laganya.

Dari 11 laga, dua laga yakni di musim 2011/2012 dan musim 2008/09 bisa dibilang laga yang paling sarat tensi. Pada laga musim 2011/12, ada tujuh kartu kuning dan satu kartu merah. Sementara pada musim 2008/09 ada lima kartu kuning dan dua kartu merah.

sumber : liputan6

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)