Probolinggo Carikan Rp 500 Jutaan, Bangun Trek Pendaki Argopuro

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 15 Feb 2019, 11:15:55 WIB | dibaca : 104 pembacaWisata

Probolinggo Carikan Rp 500 Jutaan, Bangun Trek Pendaki Argopuro

Trek Pendaki Argopuro (M Rofiq/detikTravel)

Probolinggo - Demi mempermudah akses pendaki menuju kawasan wisata di wilayah Gunung Argopuro, pemerintah setempat membuat akses jalan. Dananya mencapai Rp 500 jutaan.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo, segera membangun trek jalan setapak dengan panjang jalan sekitar 2 kilometer. Kasi Destinasi Wisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Musa mengatakan, jika pembangunan jalan setapak itu saat ini telah memasuki tahap perencanaan.

Titik jalan setapak dimulai dari pintu masuk kawasan Hutan Damar, yang berada di wilayah Bermi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo menuju 2 kilometer ke atas. Sementara trek jalan setapak berupa Paving, dengan lebar jalan sekitar 1,5 meter. Di sepanjang trek jalan setapak, nantinya akan dilengkapi pula beberapa rambu penunjuk arah bagi para pendaki.

(M Rofiq/detikTravel)


"Awal pembangunan trek jalan setapak, kita bangun sepanjang 2 kilometer dulu mas disesuaikan dengan anggaran yang ada. Selain pembangunan jalan, ada juga perbaikan pos-pos peristirahatan atau shelter," paparnya saat dihubungi detikTravel, Kamis (14/02/19) kemarin.

Musa menjelaskan Triwulan pertama, telah memasuki tahap pemetaan gambar trek jalan setapak. Dan di Triwulan kedua sekitar April, Mei, dan Juni baru memasuki tahap pembangunan fisik.

Pembangunan jalan setapak sendiri, ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2019 mendatang. Dan di tahun 2020 akan dilanjutkan kembali, pembangunan trek jalan setapak hingga kawasan obyek wisata Taman Hidup.

Sementara anggaran pembangunan trek jalan setapak di tahun 2019 sekitar Rp 500 juta, ditambah pembangunan resta area sekitar Rp 225 juta.

"Anggaran untuk pembangunan trek jalan setapak ini 500 juta mas, sedangkan di tahun 2020 nanti pemerintah akan menganggarkan kembali," pungkasnya.

Kawasan Gunung Argopuro dengan ketinggian sekitar 3088 Mdpl masuk dalam pengawasan dan pengelolaan Sub BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) wilayah Jember.

Di obyek wisata alam itu, terdapat spot-spot obyek wisata cukup luar biasa keindahanhya, meliputi areal Hutan Damar, obyek wisata alam Taman Hidup hingga Cikasur Savana.

 

Sumber : detik.com