Rahasia Menanak Nasi Merah agar Rasanya Tak Hambar

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 08 Nov 2018, 09:49:29 WIB | dibaca : 36 pembacaKuliner

Rahasia Menanak Nasi Merah agar Rasanya Tak Hambar

Agar nasi merah yang Anda masak rasanya tak hambar, perhatikan tips berikut ini. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Jakarta - Nasi bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia masih jadi primadona. Di luar nasi putih, banyak orang yang juga mengonsumsi nasi merah.

Berbeda dengan nasi putih, nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Nasi merah sering menjadi pilihan mereka yang sedang menjalani program diet.

Memasak atau menanak nasi merah kadang gampang-gampang susah. Kalau salah memasaknya, nasi jadi bertekstur lebih keras dan rasanya pun jadi lebih hambar.

Untuk menanak nasi merah yang pulen dan enak, ada beberapa tips yang perlu dicoba.

Rendam 30 Menit

Sebelum dimasak, beras merah bisa direndam lebih dahulu. Kita bisa merendamnya sekitar 30 menit. Selain untuk menghilangkan kotoran, beras yang sudah direndam ini nantinya akan lebih cepat lunak dan lebih enak saat dimasak.

Rasio 1:4

Untuk 1 gelas air, kita bisa menggunakan 4 gelas beras. Rasio ini merupakan yang paling standar. Pilih beras yang berkualitas baik. Hindari penggunaan beras yang sudah terlalu lama atau apek.

Di Atas Kompor

Nasi merah bisa terasa lebih nikmat bila ditanak di atas kompor. Caranya tinggal masak beras di atas api sedang. Setelah itu, aduk-aduk sebentar, kemudian tutup panci hingga airnya mendidih. Setelah air menyusut, angkat nasi. Setelah itu, panaskan dandang, lalu kukus nasi merah sampai matang. 

Pakai Rice Cooker

Pakai rice cooker pun kita bisa memasak berasa merah yang enak. Caranya tekan tombol cook, masak nasi selama 35 menit. Setelah itu buka penutup rice cooker, lalu aduk nasi sampai rata supaya uapnya keluar. Kemudian, masak hingga matang. Setelah matang, jangan langsung dibuka penutup rice cooker. Nasi merah bisa dinikmati setelah ditunggu sekitar 10 menit.

 

Sumber : liputan6.com