Remaja di Inggris Meninggal Mendadak karena Rapunzel Syndrome, Apa Itu?

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 19 Sep 2017, 14:25:17 WIB | dibaca : 99 pembacaKesehatan

Remaja di Inggris Meninggal Mendadak karena Rapunzel Syndrome, Apa Itu?

Seorang remaja di Inggris meninggal dunia karena mengidap Rapunzel Syndrome, yaitu kebiasaan seseorang untuk menelan rambutnya sehingga menyebabkan infeksi. Foto: thinkstock

Jakarta, Seorang remaja putri asal Kegness, Inggris, Jasmine Beever tiba-tiba meninggal akibat adanya infeksi di saluran pencernaannya. Hal ini lebih dikenal dengan sebutan Rapunzel Syndrome.

Seperti yang kita tahu, Rapunzel adalah tokoh fiktif dalam cerita Disneyland yang merupakan seorang putri dengan rambut yang amat panjang. Apakah sindrom ini berkaitan dengan rambut?

Sindrom ini dalam dunia medis dikenal dengan sebutan trichobezoar, di mana kondisi seseorang yang memiliki kebiasaan menelan rambutnya hingga menyebabkan infeksi di lambung sampai ususnya. Kondisi ini dikaitkan dengan gangguan kejiwaan atau mental.

Remaja berusia 16 tahun itu mengalami pendarahan dan kemudian dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong.

"Ini memilukan. Mengubur putri Anda sendiri adalah satu hal yang berat tapi harus melewatinya dengan begitu cepat," kata Donna Marshall, ibu dari teman Jasmine dikutip dari Tech Times, Senin (18/9/2017).

Setelah pemeriksaan post-mortem, Jasmine benar-benar mengidap peritonitis, yaitu peradangan lapisan tipis di dinding bagian dalam perut (peritoneum) akibat hairball (gulungan rambut).

Menurut Donna Marshall, Jasmine telah mengunyah dan mengisap rambutnya selama bertahun-tahun. Ia menyarankan kepada orang tua untuk memperingatkan anak-anak mereka tentang bahaya dari kebiasaan yang tampaknya sangat polos itu.

Banyak orang yang menyayangkan kepergiannya, salah satunya kepala Akademi Skegness, Jo Edwards. "Kami akan mengingatnya sebagai gadis yang ramah, positif, peduli, dan periang karena senyumannya kepada semua orang," tutupnya.

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)