Resep Lumpia Udang dan Mangga Gulung, Hanya 232 kalori

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 30 Jun 2020, 14:18:48 WIB | dibaca : 48 pembacaKuliner

Resep Lumpia Udang dan Mangga Gulung, Hanya 232 kalori

Dengan 232 kalori dan 14 gram lemak per lumpia, Anda bisa makan lebih dari dua buah lumpia untuk makan siang atau makan malam tanpa ada rasa penyesalan. Foto/Livestrong

JAKARTA - Apakah Anda mencari resep yang kalorinya rendah sehingga tidak menyesal setelah menyantapnya? Buat saja lumpia bebas gluten. Hanya 232 kalori, Anda bisa menggunakan udang rendah kalori, kaya protein, dan tinggi selenium dan vitamin B-12.

Selain udang, tambahkan mangga yang bisa menjadi pemanis alami. Mangga mengandung serat dan vitamin A yang baik untuk kesehatan. Bahan lain yang tidak kalah penting adalah alpukat. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan 232 kalori dan 14 gram lemak per lumpia, Anda bisa makan lebih dari dua buah lumpia untuk makan siang atau makan malam tanpa ada rasa penyesalan. Jika Anda ingin saus segar sebagai pelengkap, cobalah resep satu ini.

Berikut resep lumpia udang dan mangga gulung, seperti dikutip dari laman Livestrong.

Bahan:

6 ekor udang besar
1 buah mangga
1 cangkir kubis ungu
1 cangkir wortel
3 ons mint segar
6 lembar kulit lumpia vietnam atau banh trang
8 gelas air
4 gelas air es
1/2 cangkir ketumbar segar
2 buah jeruk nipis
1/2 buah alpukat
1 siung bawang putih
1/3 cangkir minyak zaitun
1/2 sdt garam
1/2 sdt bubuk cabai

Cara Membuat:

  1. Dalam panci sedang: rebus 4 gelas air. Sementara itu, kupas dan bersihkan udang. Masukkan udang ke dalam panci dan didihkan selama 1,5 hingga 2 menit sampai matang sepenuhnya. Angkat udang dan tempatkan di air es. Angkat udang dari air es dan keringkan.
  2. Tuang 4 gelas air hangat ke dalam mangkuk besar dan celupkan kulit lumpia satu per satu ke dalam air lalu letakkan di atas piring. Merendam kulit lumpia di air akan membuatnya lebih lunak di atas piring.
  3. Mulailah melapis bahan sekitar 2/3 di atas kulit, sisakan cukup ruang di bagian bawah untuk dilipat. Mulai dengan kubis ungu, wortel, mangga, dan mint.
  4. Selipkan dan gulung lapisan pertama, lalu tambahkan dua udang yang diletakkan melintang. Selipkan dan putar sekali lagi. Lipat ujung kanan dan kiri di atas dan gulung sisanya.
  5. Potong menjadi dua dengan sudut tertentu.
  6. Untuk membuat saus, campur minyak zaitun, jus jeruk nipis, daun ketumbar, alpukat, bawang putih, dan garam dalam food processor atau blender hingga halus.
  7. Tuang dan taburi dengan bubuk cabai. Lumpia siap disajikan.

 

Sumber : sindonews.com