Sebuah Ngambek yang Indah

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 10 Des 2018, 11:35:13 WIB | dibaca : 107 pembacaWisata

Sebuah Ngambek yang Indah

Air terjun Tompo Tomagelli (Hasrul Nawir/detikTravel)

Barru - Keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya untuk diceritakan. Salah satunya yang mungkin jarang terdengar dan namanya pun unik, air terjun Ngambek.

Berbicara air tejun banyak sekali spot yang yang belum terekspose dan diketahui secara umum. Salah satunya air terjun Tompo Tomagelli ini.

Lokasinya terletak di Desa Kamiri, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Ya, air terjun ini mungkin tidak setenar Bantimurung di Kabupaten Maros. Namun mengunjungi pesona air terjun tersebunyi ini tentunya memiliki sensasi tersendiri.

Dalam bahasa lokal, Tompo Tomagelli diartikan sebagai air terjun orang yang lagi ngambek. Belum diketahui secara pasti kenapa diberi nama seperti itu.

Air terjun Tompo Tomagelli (Hasrul Nawir/detikTravel)


Untuk melihat dan menikmati air tejun dengan ketinggian sekira 50 meter ini memang membutuhkan perjuangan yang cukup ekstra. Pasalnya dari Jalan poros Makassar-Parepare rutenya hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaran roda dua.

Itupun pengunjung masih harus berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilometer menuju spot air terjun Tompo Tomagelli. Namun, jangan kahawatir buat anda yang anti mainstream akan bisa menikmati keindahan alam yang masih sangat alami selama dalam perjalanan.

"Lelah selama perjalanan menuju spot terbayar dengan keindahan alamnya. Apalagi pas sampai di air terjun, capeknya langsung lupa," urai Nur Fadilah, salah satu traveler yang ditemui detikTravel di lokasi, Minggu((9/12/2018).

Selain selfie, pengunjung yang datang tidak akan sanggup menahan godaan untuk segera terjun ke kolam air. Tepat berada di bawah air terjun sangatlah menyegarkan badan.

"Airnya segar, jadi betah berendam lama-lama," papar Takbir, traveler lainnya.

Meskipun Air terjun ini telah lama ditemukan warga namun belum dikelola dan dikomersilkan oleh pemerintah setempat. Jika berminat mengunjungi air terjun Tompo Tomagelli mesti bawa bekal ya!

 

Sumber : detik.com