Seminggu Setelah Puasa, Jalani 10 Tips Makan Ini agar Tubuh Beradaptasi (1)

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 08 Jul 2016, 14:16:15 WIB | dibaca : 30745 pembacaRamadhan

Seminggu Setelah Puasa, Jalani 10 Tips Makan Ini agar Tubuh Beradaptasi (1)

Ilustrasi.

Dalam waktu satu minggu setelah puasa, tubuh bisa beradaptasi untuk kembali pada pola makan normal. Karena itu perlu konsumsi makanan sehat.

Pola makan kembali seperti biasa setelah puasa. Namun jangan sampai Anda justru jadi makan berlebihan. Padahal selama puasa tubuh sudah dilatih menahan nafsu makan. Laporan Gulf News (05/07) menyebut tubuh perlu diberi waktu seminggu untuk beradaptasi lagi. Berikut beberapa tips supaya tubuh sehat meski puasa sudah berakhir.

1. Minum air lemon



Tiap pagi, setelah bangun tidur, minumlah air hangat dengan campuran air lemon. Jus lemon ini akan merangsang cairan pencernaan dan mengalkalikan tubuh. Semakin baik aliran cairan pencernaan, maka makin baik kemampuan tubuh mencerna makanan.

2. Sarapan ringan



Konsumsilah sarapan ringan dan sehat. Sebaiknya jauhi makanan yang digoreng. Pilih oatmeal, buah-buahan, dan susu. Bisa juga roti gandum, sayuran hingga ubi panggang. Makanan ini padat energi sehingga baik untuk memulai hari.

3. Jauhi teh manis



Sebaiknya hindari teh manis tinggi gula di pagi hari. Beralihlah ke teh hijau atau teh hitam tanpa pemanis.

4. Makanan porsi kecil



Sepanjang hari konsumsilah 5-6 kali makanan ringan berporsi kecil. Gagasannya adalah bersikap hati-hati pada tubuh dan makan 1/4 dari yang Anda benar-benar bisa konsumsi. Sebab saat ini jadi waktu persiapan untuk kembali ke rutinitas biasanya.

5. Probiotik



Konsumsilah probiotik seperti yogurt kental atau cair selama satu minggu adaptasi. Ini untuk menambah flora usus bakteri baik dalam tubuh.

 

Sumber: detik