Sering Alami Leher Kaku? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 19 Jun 2019, 09:10:59 WIB | dibaca : 37 pembacaKesehatan

Sering Alami Leher Kaku? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya

Foto: Ilustrasi

JAKARTA - Kita semua tahu betapa menyakitkan saat bangun tidur dengan leher kaku dan Anda hampir tidak bisa menggerakkan kepala sedikit pun. Apalagi jika menghabiskan satu hari dengan sakit leher benar-benar menjengkelkan. Lalu, bagimana mengatasinya?

Nyeri leher yang kadang disertai mati rasa, sakit kepala, kaku, dan kesulitan saat makan bisa disebabkan karena postur tidur yang buruk, ketegangan, stres atau postur tubuh yang buruk. Nah, seperti dilansir Times Of India, ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan bantuan dari sakit leher yang mengerikan:

1. Regangkan leher dengan lembut
Hal pertama yang perlu Anda lakukan, jika Anda bangun dengan sakit leher yang parah adalah meregangkan sedikit. Menggerakkan kepala dengan lembut. Hal ini akan meningkatkan aliran darah di area tertentu dan mengurangi peradangan. Anda dapat menggerakkan sisi kepala Anda untuk berkata atau mengangguk perlahan beberapa kali seolah-olah Anda mengatakan "ya".

2. Terapkan kompres panas atau dingin
Kompres panas atau dingin juga dapat membantu mengatasi leher yang kaku. Kompres melemaskan otot-otot Anda dan meningkatkan aliran darah di leher. Ini juga akan membantu dalam mematikan rasa sakit. Tempatkan kompres panas atau dingin selama 10 menit setiap kali. Lakukan ini setidaknya 2-3 kali sehari untuk bantuan instan.

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda sedang berjuang melawan rasa sakit yang parah, tetap menggunakan es saat meletakkan kompres panas pada rasa sakit yang menyengat dapat membuat masalah menjadi lebih buruk.

3. Rendamlah tubuh dalam air hangat
Tidak ada yang lebih baik daripada air hangat dengan garam Epsom untuk menghilangkan leher yang kaku. Pemandian air hangat membantu untuk merilekskan dan menenangkan otot-otot yang kencang, sementara garam membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah.

4. Pijat dengan minyak esensial
Anda dapat memijat leher Anda dengan lembut dengan minyak esensial untuk bantuan segera. Ambil beberapa tetes minyak peppermint atau lavender dan campur dengan minyak kelapa. Pijat leher Anda dengan benar dengan ramuan ini.

5. Cuka sari apel
Cuka sari apel adalah obat rumah yang sangat baik untuk mengobati leher yang kaku. Antioksidan dan agen antiinflamasi yang ada di ACV diketahui dapat meredakan stres dan nyeri otot.

Cara menggunakannya, rendam serbet atau tisu dalam cuka sari apel dan letakkan di leher. Biarkan serbet dalam posisi yang sama selama satu jam. Ulangi setidaknya dua kali sehari.

 

Sumber : sindonews.com