Sering Keputihan pada Miss V, Waspada Diabetes!

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 02 Sep 2015, 08:51:57 WIB | dibaca : 273 pembacaKesehatan

Sering Keputihan pada Miss V, Waspada Diabetes!

Sering Keputihan pada Miss V, Waspada Diabetes!

KEPUTIHAN umum dialami perempuan, terutama sebelum atau setelah menstruasi. Beberapa kondisi keputihan yang tidak biasa juga bisa dialami, karena infeksi bakteri atau jamur. Namun, bila keputihan semacam itu juga bisa menjadi tanda adanya penyakit diabetes.

Dr Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD-KEMD, FINASIM, ahli penyakit dalam dan konsultan endokrin FKUI-RSCM, mengatakan bahwa keputihan yang berat dengan ciri kental, berwarna, berbau, dan menimbulkan gatal perlu diwaspadai sebagai indikasi diabetes.

"Orang dengan diabetes sel pertahanan tubuhnya berkurang, sehingga kemampuannya untuk membunuh bakteri atau benda asing yang bisa menyebabkan infeksi melemah. Keputihan yang dialami pun jadi tak kunjung sembuh," jelasnya pada acara temu media “Cegah Komplikasi Diabetes” di Jakarta, kemarin.

Kasus semacam ini, menurut dr Tri, terjadi hampir pada 10 persen perempuan yang terdiagnosa diabetes. Untuk itu, dr Tri menyarankan agar perempuan yang mengalami keputihan berat dan memiliki faktor risiko diabetes untuk memeriksakan kondisinya ke dokter.

"Biasanya gejala semacam ini terjadi pada mereka yang kasus diabetesnya sudah cukup parah. Jadi, sebaiknya langsung pergi ke dokter agar keluhan tersebut dapat diagnosa dengan tepat," pesannya.

Sumber : Okezone.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)