Slurp! Merah Menggoda Mie Kuah Minang yang Gurih Pedas

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 11 Jul 2018, 10:52:26 WIB | dibaca : 41 pembacaKuliner

Slurp! Merah Menggoda Mie Kuah Minang yang Gurih Pedas

Foto: detikFood

Jakarta - Mie rebus ala Minang punya kuah merah yang kental menggoda. Apalagi diberi bumbu rendang, rasanya jadi pedas gurih mantap!

Ranah Minang memang dikenal dengan makanan pedas dan bersantan. Apalagi soal salah satu makanan terlezat yang diakui dunia, rendang. Namun tahukah Anda kalau Minang punya sajian mie kuah yang tak kalah lezat dari Mie Aceh maupun Mie Kocok Bandung? Namanya mie rebus a la Minang!
 
Sajian mie ini tidak menggunakan santan. Kalau Anda pergi ke penjaja nasi goreng Padang di pinggir jalan, Anda mungkin saja menemukan sajian mie rebus yang satu ini. Kuahnya yang sedikit kental berwarna merah menggoda.

Slurp! Merah Menggoda Mie Kuah Minang yang Gurih Pedas


Ini karena mie rebus tersebut terbuat dari bawang putih, cabe merah giling, kecap asin, kecap manis cuka hingga telur. Telurnya pun lebih enak dibiarkan tercampur dengan kuah Beberapa restroan bahkan menmbahkan kaldu daging sapi sebagai kuahnya. Makin enak diberi irisan daun bawang dan kol. Apalagi kalau diberi bumbu rendang. Rasanya pedas gurih mantap!

Mie yang dipakai sebenarnya sama seperti mie dalam pembuatan mie godog, yaitu mie telur. Hanya saja, mie rebus Minang rasanya lebih gurih apalagi jika ditambah kaldu sapi.

Slurp! Merah Menggoda Mie Kuah Minang yang Gurih Pedas


Ada satu rumah makan Padang yang tersohor dengan mie rebusnya. Rumah makan tersebut ada di wilayah Padang Payakumbuh. Namanya Bofet Sianok. Rumah makan legendaris ini sudah berdiri sejak 1939.

Bofet Sianok punya racikan mie kuah yang sudah tak diragukan lagi kelezatannya. Awalnya banyak pengunjung yang menginginkan menu mie kuah. Sehingga timbul ide membuat mie kuah dengan kuah soto padang. Kuahnya terbuat dari kaldu rebusan tulang dan daging sapi.

Slurp! Merah Menggoda Mie Kuah Minang yang Gurih Pedas


Mie kuanya terbuat dari mie telur, telur ceplok, kol dan suwiran rendang yang gurih dan kering berempah. Setelah itu, ditaburi daun bawang, bawang goreng, selada, mentimun, emping hingga potongan tomat. Terbayang, kan rasanya?

Sebenarnya cara membuat mie lezat dari ranah Minang ini cukup mudah. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah lewat resep di bawah ini!
 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)